Denpasar-Portalangit. Gus Basyirun Adhim, S.Sos sebagai Deputy Program Yayasan SPMAA pada Rabu, 29 Maret 2023 menjadi pemateri dalam Diklat Kader Pesantren Tebuireng angkatan ke-15 putri.

Materi yang disampakain pada diklat kali ini yaitu “Loyalitas Pengabdian” yang dipaparkan kepada 30 peserta calon kader Pesantren Tebuireng.

Gus Adhim dalam materi tersebut memaparkan mengenai staf rasul yang shidiq, tabligh, amanah, fathanah dengan mempunyai keperibadian yang setia, taat, abdi, dan fiisabilillah.

Selain itu Gus Adhim selaku fasilitator juga menjelaskan beberapa hal yang diterapkan kepada santri Ponpes SPMAA yang memegang “Tiga Tidak” yakni tidak ada, tidak tahu, dan tidak bisa. Sebagai santriaji santri telah dipraktikkan oleh santri SPMAA dengan melakukan; (1.) Berdoa ikhlas kudus (2.) belajar cerdas fokus (3.) bekerja keras tulus.

“Dalam materi ini saya mendapatkan banyak hal baru terutama ketika kita oleh Gus Adhim diajak untuk berkemah Khodijah. Disana saya merasakan seperti cara menyatukan hati, berloyalitas menguji kesetiaan itu hal yang baru belum pernah saya dapatkan saat ini” ungkap Ana peserta diklat.

Diakui dengan adanya pelatihan ini para peserta mampu merubah mindset mengenai arti dari sebuah kesetiaan.

“Mindset saya yang tadinya tentang pertemanan, pengorbanan itu masih biasa setelah mendapatkan pelatihan ini saya mendapatkan dan berpikir ternyata kesetiaan loyalitas itu nantinya akan sangat kita butuhkan terlebihnya dalam pendidikan pembinaan” kata Ana.

Pelatihan ini mendapatkan kesan baik dari peserta karena dapat mengubah pola pikir peserta menjadi lebih tertata. “kesan yang sangat tidak terduga karena banyak pikiran saya yang terkecoh dan dapat membuat mindset baru dalam pola pikir saya lebih tertata dan terarah.” Ujar Ana.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *