CNN. Jembatan gantung di Dusun Gunungsari, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk diterjang luapan Sungai Ciseel pada Kamis (10/11) dini hari. Akibatnya, 157 orang terisolasi.

Camat Cidolog Agus Yani mengatakan jembatan gantung tersebut merupakan satu-satunya akses warga untuk beraktivitas. Wilayah tersebut diapit dua sungai.

“Akibat jembatan gantung ambruk, sebanyak 56 keluarga atau 157 jiwa di Dusun Gunungsari terisolasi. Hanya ada akses masuk masyarakat karena diapit sungai. Akibat jembatan ambruk, warga tidak bisa ke mana-mana,” ujar Agus dikutip detikcom.

Dia mengatakan pihak kecamatan dan desa setempat akan menyediakan rakit atau perahu agar warga bisa kembali beraktivitas.

“Kami akan memasang rakit supaya masyarakat bisa kembali melintas. Insyaallah hari ini dipasang,” kata Agus.

Akibat jembatan ambruk itu pula, sebanyak 20 siswa SD tidak bisa berangkat sekolah. Agus mengatakan bagi pelajar yang tidak bisa berangkat sekolah, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah sekolah.

“Mereka akan menyelenggarakan belajar daring sampai rakit selesai dipasang,” jelasnya.

Terkait penanganan jembatan ambruk itu, Pemerintah Kecamatan Cidolog akan mengajukan permohonan perbaikan kepada instansi terkait agar jembatan tersebut bisa segera dibangun kembali.

“Tentunya jembatan gantung tersebut harus kembali dibangun karena akses vital masyarakat di Dusun Gunungsari,” ujar Agus.

Menurutnya, luapan air Sungai Ciseel terjadi karena kondisi sungai yang mengalami pendangkalan. Solusinya, kata Agus, adalah normalisasi sungai atau pemasangan tanggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *