Lamongan-Portalangit. Ada yang berbeda dalam perayaan hari Santri Nasional 2022, tidak hanya berupa peringatan upacara. Namun, peringatan ini dilakukan dengan menggelar perkemahan santri 2022, yang terlaksana pada Jum’at, 21 Oktober 2022 hingga Sabtu, 22 Oktober 2022.

Perkemahan santri ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Bertempat di Lapangan Wisma Santri Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Jl. Raya Bandara Juanda No. 26, Semalang, Semambung, Kec. Gedangan, Kab. Sidoarjo.

Diikuti oleh beberapa santri dadi berbagai daerah di wilayah Jawa Timur, satu diantaranya yaitu Pondok Pesantren SPMAA Lamongan.

Ponpes SPMAA Lamongan mengirim 2 santri, Indra Maulana, dan M. Rusdi Syuaefi, beserta 1 pendamping, Adib Yahya.

Dr. Nawawi, Fil.I. Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi dengan terlaksana hari Santri Nasional ini.

“Ini menunjukkan bahwa kehidupan santri kita fungsinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, paham Republik Indonesia, fungsi kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu kamu mengapresiasi dan menyambut baik akan kita teruskan dalam acara selanjutnya,” ungkapnya.

Dalam perkemahan santri ini terdapat beberapa kegiatan diantaranya, mendirikan tenda, pembukaan, malam hikmah dan keakraban HSN, Pemutaran film dokumenter “Resolusi Jihad”, malam koordinasi dan keakraban pendamping, hingga pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional.

Setelah upacara para peserta membereskan tenda kelompoknya untuk persiapan kembali ke Ponpes masing-masing.

Melalui perkemahan santri ini banyak sekali pelajaran dan juga pengalaman yang didapat oleh para santri. Terutama dalam hal menyambung tali persaudaraan antar pondok pesantren lainnya.

“Kami dari Kabupaten Bondowoso berharap kegiatan gema santri ini lebih update tidak hanya satu, dua kegiatan saja yang diselenggarakan tapi lebih banyak diselenggarakan lagi,” kata Miftahul Baru, santri dari Bondowoso.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *