Lamongan-Portalangit. Kunjungan pertukaran mahasiswa merdeka Universitas Erlangga di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan.

Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 10 September 2022. Berlokasi di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA, Jl. Raya Desa Turi, No. 61, RT 01/ RW 01, Ds. Turi, Kec. Turi, Lamongan, Jawa Timur.

Kunjungan berasal dari 46 Universitas dari Aceh hingga Papua. Kunjungan dipimipin oleh Prof. Dr. Cholichul Hadi, M. Si. bersama 88 peserta yang terdiri dari dosen, pendamping mahasiswa, dan mahasiswa inbound.

Sebanyak 46 Universitas tersebut bergabung dalam kunjungan pertukaran mahasiswa merdeka 2 (PMM), yang dikoordinir oleh Universitas Erlangga.

“Kunjungan kami ini bertujuan untuk melihat kegiatan modul nusantara ini benar dan terkonfirmasi di SPMAA,” Kata Prof. Dr. Cholichul Hadi, M. Si.

Kegiatan kunjungan di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA ini mengangkat tema “Studi Literasi Tri Dharma Perguruan Tinggi & Praktik Terbaik Misi Pelayanan Santri.”

Rangkaian kegiatan di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA diantaranya, sowan di ndalem Gus Hafidh, dilanjut keliling komplek asrama Yayasan Pondok Pesantren SPMAA.

Saat keliling komplek asrama para peserta secara langsung melihat laboratorium kehidupan dalam berbagai bentuk kalangan, mulai dari anak balita, anak yatim-piatu, hingga para lansia.

“Kearifan lokal 99% ada disini, mulai dari bangunannya, para dosen pendamping bersama para siswa ditekankan untuk kondisi, emosi, semuanya diarahkan untuk berhasil mengolah lingkungan,” ungkap Prof. Dr. Cholichul Hadi, M. Si.

Di Yayasan SPMAA ini semua hidup bersama dengan rukun dan saling mengasihi. Para peserta mengaku mendapat banyak pelajaran setelah berkeliling komplek asrama tersebut.

“Saya mendapat banyak pelajaran setelah berkeliling komplek ini, yang sebelum kesini saya merasa menjadi manusia yang kurang baik, kurang beruntung, tapi setelah berkunjung SPMAA ini saya mendapat banyak sekali pelajaran dan pengalaman,” ungkap Tiara Ramadhani, Mahasiswa Universitas Erlangga .

Kegiatan dilanjut dengan pertemuan sekaligus diskusi didalam kelas. Dalam pertemuan ini Gus Hafidh beserta Gus Adhim menyampaikan mengenai visi misi SPMAA beserta Tiga Proyek Besar Umat Manusia.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan makan dan foto bersama. Kegiatan kunjungan ini berlangsung dengan lancar, dan para peserta mendapat banyak pelajaran, serta pengalaman setelah mengikuti kunjungan tersebut.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *