Denpasar-Portalangit. Dalam rangka meningkatkan kerukunan umat beragama di wilayah Kab. Kutai Kartanegara,Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur adakan kunjungan di Yayasan SPMAA Bali.

Kunjungan ini berawal dari kunjungan silaturahmi yang dilakukan oleh FKUB Kab. Malang pada Jum’at, 22 Juli 2022. Kunjungan FKUB Kab. Malang bulan lalu memberikan kesan dan apresiasi baik kepada Yayasan SPMAA Bali.

Hal tersebut menjadikan salah satu alasan FKUB Kab. Kutai Kartanegara, untuk mengunjungi Yayasan SPMAA Bali dalam rangka “Kunjungan Study Tiru Forum Kerukunan Umat Beragama Kab. Kutai Kartanegara Provinsi Kaltim Di Yayasan SPMAA Bali”

Kunjungan FKUB Kab. Kutai Kartanegara di Yayasan SPMAA Bali tersebut dilakukan pada Kamis, 25 Agustus 2022. Sebanyak 20 anggota FKUB Kab. Kutai Kartanegara tiba di Yayasan SPMAA Bali pada pukul 09.00 WITA, yang dipimpin oleh Ketua FKUB Kab. Kutai Kartanegara H. Harunu Rasyid, S. Pdi.

Gus Glory Islamic sebagai Pembina Yayasan SPMAA Bali menyambut kedatangan rombongan FKUB Kab. Kutai Kartanegara, kemudian mengajak rombangan untuk berkeliling komplek asrama Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Bali.

Dalam kegiatan keliling komplek ini para rombongan sangat terkesan dengan toleransi yang tergambarkan di Yayasan SPMAA Bali, berupa komplek asrama yang berdampingan langsung dengan komplek perumahan masyarakat yang Hindu.

“Yayasan ini merupakan ungkapan yang nyata dari ajaran agama Islam bahwa hal ini tidak membedakan agama, suku, budaya. Mampu merangkum semua agama, itu baru saya temukan ditempat ini. Mudah-mudahan miniatur kasih ini bisa dikembangkan ditempat lain,” ungkap Yuhanes Warsino, anggota FKUB Kab. Kutai Kartanegara.

Kegiatan dilanjut dengan acara ramah tamah, dan diskusi yang dilakukan di gedung aula Ruhullah SPMAA Bali.

Rangkaian kegiatan ramah tamah dan diskusi tersebut diantaranya, pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemutaran video 10 tahun SPMAA Bali mengabdi, dilanjut sambutan dari Gus H. Glory Islamic, S. Ag, M. Si.

Dalam sambutannya Gus H. Glory Islamic menyampaikan materi tentang Tiga Proyek Besar Umat Manusia, hingga saat ini menjadi pedoman mindset bagi santri SPMAA.

Selanjutnya sambutan oleh Ketua FKUB Kab. Kutai Kartanegara H. Harunu Rosyid, S. Pdi. Menyampaikan apresiasi kepada Yayasan SPMAA yang telah menanamkan jiwa toleransi antar umat beragama tanpa pandang suku, bangsa, agama, dan budaya.

“Tujuan kami ke Yayasan SPMAA ini wujud dari kerukunan umat di Kabupaten Denpasar ini, dengan berbagai lapisan masyarakat,” kata H. Harunu Rosyid, S.Pdi.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar,diakhiri dengan pemberian cinderamata dari FKUB Kab. Kutai Kartanegara kepada Yayasan SPMAA Bali, dilanjut foto bersama, dan  makan siang bersama.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *