CNN. Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Kebakaran melanda wilayah perbukitan, di perbatasan Desa Partungko Naginjang dan Desa Hariarapintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sumatera Utara, Herianto mengatakan kawasan hutan yang terbakar sudah mencapai 10 hektare. Kebakaran terjadi sejak kemarin siang.

“Laporan yang saya terima luas lahan yang terbakar berkisar 10 hektare. Mudah-mudahan api segera bisa dipadamkan,” kata Herianto, Senin (1/8).

Herianto mengatakan perbukitan yang terbakar tak jauh dari objek wisata favorit di kawasan Danau Toba, Menara Padang Tele. Menurutnya. petugas gabungan masih berada di lokasi untuk memadamkan kobaran api.

“Kalau saya tidak lupa, lokasi ini bisa didekati dari sekitar Persemaian Permanen Tele dan atau dari sekitar Menara Pandang Tele,” ujarnya.

Herianto menjelaskan proses pemadaman juga dibantu anggota TNI dan Polri setempat. Namun, pihaknya masih kekurangan personel untuk membantu pemadaman.

Tak hanya kekurangan personel, proses pemadaman juga terkendala karena berada di area perbukitan dan hembusan angin cukup kencang.

“Kami kekurangan tenaga. Kalau kami, komponen suatu tugas bukan utama. Seharusnya, mengkoordinir itu, adalah BPBD Sumut,” kata Herianto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *