Sragen-Portalangit. Yayasan SPMAA cabang Sragen bersama Gus Glory Islamic, S. Ag, M. Si. Menggelar kegiatan pelatihan keluarga samawa versi Nabi bagi santri dan kolega di SPMAA Sragen.

Pelatihan keluarga samawa tersebut dilaksanakan pada Senin, 27 Juni 2022 hingga Selasa, 28 Juni 2022. Berlokasi di Yayasan SPMAA Sragen, Dsn. Ngroto, Ds. Sumberejo, Kec. Mondokan, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Dalam pelatihan keluarga samawa ini diikuti sebanyak 59 peserta dari SPMAA Jawa Tengah, SPMAA Tangerang, SPMAA Boyolali, SPMAA Salatiga, SPMAA Purwodadi Pelem, SPMAA Banyutarung, SPMAA Banjarnegara.

Rangkaian kegiatan pelatihan keluarga samawa diantaranya, pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SPMAA, sambutan ketua panitia, sambutan kepala Desa, Muspika, BPBD, dan sambutan dari Gus Glory Islamic, S. Ag, M. Si.

Gus Glory Islamic dalam sambutan menerangkan profil SPMAA Sragen, SPMAA Bali, dan SPMAA pusat. Selain itu juga menjelaskan mengenai program SODIKLINK (Sosial, Pendidikan,dan Lingkungan) diantaranya, SANTANA SPMAA yaitu unit kegiatan yang dibentuk untuk merespon kejadian luar biasa atau bencana yang melanda di Indonesia dan dunia.

Gus Glory Islamic juga memutarkan video profil 10 tahun SPMAA Bali mengabdi. Kemudian dilanjut dengan penyampaian materi pelatihan keluarga samawa.

Materi yang disampaikan oleh Gus Glory Islamic salah satunya yaitu pentingnya pemenuhan prioritas ruhani dan prioritas jasmani. Prioritas ruhani diantaranya, ibadah ritual, ibadah sosial, dakwah, dan pendidikan agama.

Sedangkan prioritas jasmani diantaranya, sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, dan pergaulan. Dalam materi Gus Glory Islamic menyampaikan pentingnya diri pribadi memiliki mindset siap diremehkan. “Kalau sampean sudah siap diremehkan, tidak ada orang yang bisa meremehkan sampean, karena ketika sampean diremehkan, sampean tidak merasa diremehkan.”

Dalam materi pelatihan keluarga samawa ini juga terdapat sesi diskusi apa fungsi pernikahan untuk peserta suami istri. Selain itu terdapat sesi untuk praktek belanja dengan uang Rp35.000, 00. Guna belanja makan kebutuhan sehari, menjenguk orang sakit, uang jajan anak dan untuk sedekah bekal akhirat. Setelah praktek dilaksanakan dilanjut dengan mempresentasikan hasil dari praktek tersebut.

“Terima kasih kepada Gus Glory yang telah 2 hari mengisi materi pelatihan dan merubah mindset kita menjadi keluarga samawa versi Nabi, semoga dapat mempraktekkan dirumah masing-masing,” ungkap Nardi peserta pelatihan keluarga samawa dari SPMAA Sengon, Blora.

Kegiatan pelatihan keluarga samawa versi Nabi ini berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini sehingga peserta mendapat banyak pelajaran setelah mendapat materi pelatihan keluarga samawa tersebut.

“Terima kasih kepada Gus Glory yang maringi banyak ilmu kepada jamaah Sragen dan jamaah yang hadir dalam pelatihan ini, alhamdulillah berjalan lancar,” tutur Pariyo panitia pelatihan keluarga samawa versi Nabi.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *