Portal Langit – Kebakaran hutan melanda gunung yeongdeok, sekitar 350 km sebelah tenggara seol Ibukota Korea Selatan sejak Februari lalu sampai saat ini. Dari informasi yang didapatkan, hingga saat ini sebagian besar api belum dapat dipadamkan secara tuntas.

Kebakaran dimulai pada Jumat pagi di sebuah jalan dekat gunung di Uljin dan menyebar ke utara ke Samcheok pada sore hari. Menurut Dinas Kehutanan Korea, kebakaran didorong oleh angin kencang dan cuaca kering.

Api membakar sekitar 8.571 hektare hutan di Uljin, sekitar 330 kilometer tenggara Seoul, kemudian menjalar ke kota tetangganya Samcheok pada pukul 13.00 waktu setempat. Luas total kebakaran hutan lebih dari dua kali lipat ukuran hutan yang dilaporkan telah terpengaruh pada hari sebelumnya.

Dikabarkan, Sekitar 6.000 orang meninggalkan rumah mereka saat api menyebar, meskipun semua kecuali 673 telah kembali pada Sabtu pagi. Hingga saat ini sebanyak 7 ribu petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api  tersebut dengan 65 helikopter dan 513 truk pemadam kebakaran.

IL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *