CNN. Badai salju tebal menutupi sebagian besar Yunani hingga melumpuhkan lalu lintas di Ibu Kota Athena pada Senin (24/1).

Badai salju bernama Elpida ini menyapu Yunani dan menyelimuti berbagai kota termasuk Athena dengan lapisan salju yang tebal. Lapisan salju dilaporkan menutupi wilayah sepanjang bukti Acropolis hingga pantai di bagian selatan.

Rekaman media Yunani menunjukkan tim SAR mencoba mengevakuasi ratusan pengendara yang terjebak badai salju di tengah jalan.

Personel tentara juga terlihat membagikan makanan, air, dan selimut kepada sejumlah pengemudi saat suhu di Yunani turun drastis semalam.

Badai salju juga dilaporkan melumpuhkan operasional kereta api yang membawa sekitar 200 penumpang. Sekitar 15 penumpang terluka saat dievakuasi.

Pejabat Yunani mengatakan layanan kereta api dan bus di Athena terpaksa disetop sementara imbas badai salju tersebut.

Selain itu, fasilitas vaksinasi Covid-19 di Athena dan di pulau dekat Evia juga harus ditutup.

“Ini akan menjadi malam yang sulit,” kata Christos Stylianides, menteri krisis iklim dan perlindungan sipil Yunani, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (25/1).

Badai ini juga dilaporkan berdampak pada sejumlah penerbangan. Maskapai Yunani Aegean Airlines terpaksa membatalkan semua penerbangannya kemarin. Hanya lima penerbangan yang dapat berjalan seperti biasa.Lebih jauh, sejumlah layanan negara, sekolah, toko non-esensial, dan bank di dua wilayah itu serta di banyak pulau Yunani, termasuk Kreta, juga akan ditutup pada Selasa. Sebab, cuaca dingin itu diperkirakan akan bertahan hingga Rabu.

Diperkirakan, jadwal penerbangan di Yunani akan terganggu pada Selasa dan mungkin hingga Rabu.

Athena, wilayah yang dahulu jarang dilanda hujan salju, kini harus mengalami badai salju selama dua tahun berturut-turut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *