Pasuruan-Portalangit. Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sinjai Sulawesi berkunjung ke Yayasan SPMAA cabang Pasuruan untuk belajar pertanian.

Kunjungan dilakukan oleh 2 mahasiswa universitas Muhammadiyah Sinjai yaitu, Ashar dan Awaludin pada 17-18 Desember 2021.

Dalam kunjungan tersebut Mahasiswa belajar pertanian organik yang selama ini dilakukan di SPMAA Pasuruan. Sebelumnya mahasiswa tersebut berkunjung di pondok pesantren ekologi yang ada di Cirebon.

Pertanian organik menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi karena sedikit sekali di Indonesia pertanian dengan cara organik.

Hal tersebut menjadikan motivasi untuk para petani agar merubah pola pertanian kimia berbahaya menjadi pertanian organik yang ramah lingkungan.

“para petani saat ini sudah terpengaruhi untuk menggunakan pupuk kimia, dan di pondok pesantren SPMAA ini masih pakai pupuk organik,” Ujar Awaludin salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Sementara di Yayasan SPMAA cabang Pasuruan terdapat banyak jenis tanaman diantaranya, padi, cabai, kelengkeng, dan sayur-sayuran lainnya.

“Kita harapkan pondok pesantren SPMAA terus mensosialisasikan terkait pertanian organik dan manfaat pemakaian pupuk organik tersebut,” tutup Awaludin.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *