SANTANA SPMAA Lumajang turut serta dalam Pelatihan Fasilitator dan Peningkatan Sarana Pesantren

Lumajang, Portal Langit – Dalam menyikapi kebijakan pemerintah, terkait pemberlakuan pembelajaran tatap muka di Jawa Timur, dua personil SANTANA SPMAA Lumajang turut serta dalam giat Pelatihan Fasilitator dan Peningkatan Sarana Pesantren yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lumajang.

 Kegiatan yang dilaksanakan di Ruangan Nararya Kirana – PEMKAB LUMAJANG ini dihadiri oleh Perwakilan BAZNAS Tanggap Bencana Nasional serta Perwakilan BPBD Lumajang.

“Kegiatan yang ditujukan dalam menekan dan memutus mata rantai penularan covid 19 di lingkungan Pesantren diharapkan mampu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana ” kata Drs. H. Nur Sjahid, Pimpinan BAZNAS Lumajang dalam kutipan wawancara lensa warta.

Amni, Perwakilan BPBD Lumajang mengatakan bahwa Kabupaten Lumajang memiliki 12 potensi becana yang mengancam dan mengelilingi setiap waktu.

“Ini harus disadari oleh para calon fasilitator agar mampu menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan para santri dalam menghadapi bencana”, ungkap Amni.

Dian Aditya, perwakilan dari BAZNAS Tanggap Darurat Nasional menambahkan bahwa semangat kerelawanan global harus dimiliki dan dihadirkan oleh seluruh lapisan masyarakat ditengah pandemi dan cuaca yang sedang extrim agar mampu tangguh dalam menghadapi bencana serta menekan angka resiko bencana yang akan terjadi.

“Ini juga yang harus di lakukan oleh para calon fasilitator yang akan terjun ke masyarakat khsususnya di Lingkungan Pesantren.” pungkasnya.

Setelah pelatihan usai, para peserta pelatihan ini langsung turun lapangan menjadi fasilitator ke beberapa pesantren di Lumajang untuk mengadakan sosialisas yang ber-isikan materi Pelatihan fasilitator tersebut.

” Karena pembahasan nya di pesantren, kita menyampaikan kembali ke pesantren pesantren yang ada di Lumajang. pada hari Rabu, 03 November 2021, personil SANTANA SPMAA Lumajang mengadakan sosialisasi tersebut di pesantren daerah Dawuhan.” pungkas personil SANTANA SPMAA Lumajang.

(IL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *