CNN. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kaget lantaran sebuah asteroid lewat sangat dekat dengan Bumi dan tak terdeteksi.

Padahal NASA selalu mengamati semua asteroid yang berpotensi menghantam Bumi. Namun pada Minggu (24/10) sebuah asteroid yang melintas cukup dekat dengan Bumi luput dari pengawasan NASA, dan mengejutkan lembaga antariksa ini.

Kejadian ini luput dari pantauan NASA dikarenakan asteroid yang diberi nama 2021 UA1 ini datang dari arah Matahari sehingga menyulitkan pengamatan. Kemudian asteroid ini melintas pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi, hanya sekitar 3000 kilometer.

“Penemuan terbaru #asteroid 2021 UA1 melintas di Antartika hanya berjarak 3000 kilometer pada Minggu malam. Dia datang dari arah langit siang, sehingga tidak terdeteksi mendekat,” kata astronom Tony Dunn dalam cuitan di media sosial Twitter, Rabu (27/10).

Dalam cuitan tersebut juga dilampirkan video lintasan asteroid saat melewati Bumi.

Asteroid 2021 UA1 yang baru terdeteksi setelah melewati Bumi disebut memberikan informasi tambahan untuk para astronom dalam memantau lintasan asteroid. Hal ini disebut sangat bermanfaat untuk memberikan hasil pantauan yang lebih baik di masa depan.

Dilansir dari Hindustan Times, jarak asteroid 2021 UA1 saat melintas dapat menghantam Bumi jika lintasannya menjadi sedikit lebih dekat.

NASA menyebut sebagian besar asteroid kecil luput dari pantauan mereka. Seperti asteroid 2021 UA1 yang hanya berukuran sebesar kulkas.

Kemudian NASA juga mengakui bahwa angkasa luar terlalu besar untuk memantau semua pergerakan dari asteroid dan komet yang mengarah ke Bumi. Terlebih menurut mereka, asteroid berukuran kecil memiliki potensi rendah dalam menimbulkan kerusakan, seperti 2021 UA1.

Dilansir dari Slashgear, asteroid 2021 UA1 yang melintas di luar orbit Stasiun Antariksa Internasional (ISS) berada lebih rendah daripada orbit satelit komunikasi. Dengan ukuran yang hanya 2 meter, asteroid ini akan terbakar habis di atmosfer sebelum menyentuh daratan.

Lebih lanjut, Dunn mengatakan selain 2021 UA1, asteroid lain yang pernah melintas sangat dekat dengan Bumi adalah 2020 QG yang melintas pada jarak 2945 kilometer dan asteroid 2020 VT4 yang melintas hanya beberapa ratus kilometer dari Bumi. Kedua asteroid ini disebut terlalu kecil untuk memberikan ancaman pada Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *