Ngawi-Portalangit. Tim SPMAA cabang Ngawi kini kembali menyalurkan tenaga guna pembuatan kerangka bangunan dari kayu. Pembuatan kerangka ini digunakan untuk pembangunan asrama dan masjid di SPMAA cabang Lumajang dan Madiun.

Tim SPMAA Ngawi terdiri dari jama’ah cabang SPMAA Ngawi sendiri dan dibantu oleh jama’ah dari Purwodadi. Pembuatan kerangka dilakukan dengan sukarela bekerja sama dengan iklas tanpa mengharap gaji. Namun demikian tetap dikerjakan secara profesional.

Pembuatan kerangka ini dimulai sejak 07 Agustus 2021 hingga sekarang. Jenis kerangka yang di buat antara lain, cagak panjang 3 meter, peret ukuran 8×12 panjang 6 meter, blandar ukuran 8×12 panjang 12 meter, tukul ukuran 8×12 panjang 250 cm, usuk ukuran 3×5 panjang 250 cm, reng ukuran 1½×4 panjang 250 cm, gordeng ukuran 6×8 panjang 12 meter sebanyak 2 gordeng, sunan ukuran 8×10 panjang 12 meter.

Sementara pembuatan kerangka dibuat di Ngawi karena kayu banyak dari daerah tersebut. “karena kayu atau rumah banyak dari Ngawi, karena yang wakaf dalam bentuk rumah atau yang wakaf dalam bentuk kebun juga dari Ngawi, sehingga pembuatan juga dari ngawi,”ujar pak Sudar sebagai salah satu tukang yang membuat kerangka tersebut.

bahan kayu yang digunakan untuk pembuatan kerangka diperoleh dari hasil kebun jama’ah. Namun ada juga dari rumah wakaf yang kemudian dibongkar dan dimanfaatkan kayunya yang masih bagus untuk membuat kerangka.

Selanjutnya kerangka yang sudah berhasil dirangkai kemudian dikirim ke SPMAA cabang Madiun dan SPMAA cabang Lumajang.

Harapan ke depannya SPMAA cabang Ngawi dapat terus ikut serta dalam pembangunan yang dilakukan di cabang-cabang SPMAA di daerah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *