Jombang-Portalangit. SPMAA cabang Jombang saat ini melakukan pembudidayaan tanaman jeruk nipis. Berlokasi di RT 02/ RW 07, Ds. Pucangsimo, Kec. Bandar kedungmulyo, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Pembudidayaan dilakukan dengan merawat pohon jeruk nipis dari bibit pohon ukuran kecil hingga tumbuh menjadi pohon yang siap panen.

Perawatan pohon jeruk nipis sangat mudah. Diharapkan semua orang bisa membudidayakan pohon jeruk nipis di rumah. Perawatan pohon jeruk nipis ini dengan cara melakukan penyiraman selama 10 hari sekali. Selain perawatannya yang relatif mudah juga manfaat jeruk nipis yang sangat banyak. Sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif tanaman obat keluarga (TOGA)

Sementara selama seminggu sekali dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik cair dengan cara di semprotkan pada pohon jeruk nipis tersebut.

Hingga saat ini terdapat 40 pohon jeruk nipis di lahan SPMAA cabang Jombang. Pohon jeruk nipis ini selama 2 minggu sekali siap untuk di panen.

Selanjutnya hasil panen buah jeruk nipis ini di jual dan sebagian untuk di kirim ke SPMAA pusat yang berada di Lamongan.

“Sabagian jeruk nipis kami kirim ke lamongan untuk penambah imun para santrisantri,” ujar Samsudin sebagai petani jeruk nipis sekaligus ketua cabang SPMAA Jombang.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan memiliki khasiat sebagai berikut,

  1. Melawan radikal bebas.
  2. Mengurangi resiko penyakit kanker.
  3. Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  4. Membantu mencegah bayi lahir cacat.
  5. Mencegah sembelit.
  6. Menjaga kesehatan kulit.
  7. Membantu menurunkan tekanan darah.
  8. Menurunkan resiko anemia.
  9. Membantu meningkatkan kesehatan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *