CNN. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang membuat jalan tol antarnegara bagian (Interstate) 5 di Los Angeles County, CaliforniaAmerika Serikat sempat ditutup berhasil dikendalikan pada Minggu (12/9).

Seperti dilansir Associated Press, karhutla itu terjadi sejak Sabtu (11/9) sore waktu setempat di lereng perbukitan wilayah Caistic, di sebelah utara Los Angeles County. Luas lahan yang terbakar mencapai 182 hektare.

Kondisi itu membuat Dinas Patroli Jalan tol California memutuskan menutup sementara akses jalan bebas hambatan itu sampai kebakaran terkendali. Menurut laporan dua pemadam kebakaran terluka saat memadamkan karhutla.

Sampai saat ini api masih terus berkobar, tetapi perlahan-lahan bisa terkendali. Menurut keterangan Dinas Kehutanan Amerika Serikat, proses pemadaman dilakukan melalui udara menggunakan helikopter dan dari darat.

Terpisah, penduduk wilayah utara pegunungan di California dibolehkan kembali ke rumah masing-masing buat memeriksa tingkat kerusakan akibat kebakaran hutan dan lahan Caldor di sebelah selatan Danau Tahoe. Menurut laporan sebagian besar rumah penduduk, sekolah, kantor pos, gereja hingga pos pemadam kebakaran di kawasan Grizzly Flat’s hangus pada hari pertama karhutla.

Para pemadam juga kewalahan karena harus memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh sambaran petir yang dipicu badai yang terjadi di hampir seluruh wilayah California. Akan tetapi, badai itu memicu hujan dengan intensitas ringan dan diharapkan bisa membuat lapisan tanah sedikit lembap supaya ilalang tidak mudah meranggas akibat kemarau.

Karhutla pada tahun ini, atau yang disebut sebagai peristiwa Dixie Fire menjadi yang terbesar kedua sepanjang sejarah California. Kebakaran dimulai pada pertengahan Juli yang meliputi wilayah pegunungan Sierra Nevada dan Cascades.

Kebakaran itu menghanguskan lahan seluas 3.885 kilometer persegi, dan merusak lebih dari 1.300 rumah dan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *