Sabtu,11 september 2021

Palembang, Portal langit – SANDIRGA atau Santri Dirgantara telah melakukan uji coba pertama penerbangan pilot solo untuk olah raga jenis paralayang di dataran tinggi perkebunan millik SPMAA Palembang, Tepatnya di Ds. Muara Sindang, Kec. Sindang Danau, Kab. Oku Selatan. 9/9.

Kegiatan ini direncanakan selama 5 hari, terhitung sejak hari selasa hingga hari sabtu kedepanya. Sekitar 10 personil dari jamaah SPMAA Palembang turut menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Gus Adhim selaku komandan utama dari SANDIRGA dan SANTANA SPMAA memimpin langsung kegiatan ini bersama para tim.

“saya Gus Adhim, komandan santri dirgantara dan Santana SPMAA tengah melaksanakan uji coba pertama  penerbangan pilot solo untuk kegiatan sandirga Oku Selatan. Lokasinya ada di kebun milik SPMAA di desa Muara Sindang Kecamatan Sindang Danau Kabupaten Oku Selatan. Dan lokasi spot landingnya  ada di kawasan persawahan air runji masih di desa dan kecamatan yang sama. Alhamdulillah hari ini sukses terbang perdana dari lokasi milik kita sendiri mendarat selamat. Salam sandirga salam keluarga dirgantara.”  Kata Gus Adhim.

Beliau di lokasi pendaratan paralayang senantiasa memantau setiap peserta pelatihan yang loncat/take off dari puncak tenggalingan dengan banyak melalui komunikasi handytalkie. Setiap gerakan terbang para peserta senantiasa diarahkan untuk take off, terbang dan mendarat sesuai prosedur dengan baik dan aman.

Selain penerbangan perdana pilot solo paralayang, peserta juga dapat merasakan pengalaman baru melayang di udara selama 15 hingga 20 menit di ketinggian rata rata 350 – 400 meter dengan cara tandem, durasi waktu melayang tergantung angin dan keberanian.

Sebelum tandem, peserta akan diberi pengarahan bagaimana harus bersikap selama pra terbang, saat start, saat berada di udara, hingga mendarat. Sehingga saat terbang diatas, peserta bisa menikmati panorama yang bervariasi, dari pedesaan yang asri, belahan jurang, lahan pertanian, hingga spot-spot yang menyejukkan mata di kawasan puncak tenggalingan.

Tujuan adanya kegiatan ini adalah upaya untuk mengenalkan olahraga paralayang dan wisata yang berpotensi di puncak tenggalingan SPMAA OKUS.  /IL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *