Kompas.com. Banjir setinggi tiga meter melanda Desa Murnisari, Desa Mande, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Rabu, 28 April 2021 pukul 02.00 WIB.

Sekertaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan mengatakan hujan deras yang mengguyur selama dua jam lebih diwilayah Cianjur Utara menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri wilayah Desa Mande dan Desa Murnisari.

Menurut data BPBD daerah setempat sebanyak 30 keluarga yang mengungsi, sepuluh rumah warga terendam genangan setinggi  2,5 meter dan 20 rumah warga tergenang setinggi betis orang dewasa.

“Hingga kamis dini hari sebagian besar warga masih mengungsi,” ujar irfan. Sementara para warga mengungsi ke masjid, madrasah, balai desa dan rumah kerabat.

Selanjutnya hujan deras juga melanda di kampung Jemprak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, sehingga terjadi tanah longsor.

Kepala Kepolisian sektor Pacet AKP Galih Apria mengatakan bahwa longsor dibagian bahu jalan di jalur Puncak-Cianjur tidak menimbulkan korban.

Namun kondisi tersebut menyebabkan lalu lintas di jalur tersebut sempat terhambat dan terjadi kemacetan hingga Kamis dini hari.

Selanjutnya para pengguna jalan dihimbau untuk hati-hati saat melintas jalur tersebut dan warga yang tinggal disekitar area yang longsor meningkatkan kewaspadaan.

Irfan Sopyan menyatakan “kami menghimbau pengguna jalan untuk eksta waspada saat melintas karena longsor dan amblas susulan dapat terjadi setiap saat.”. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *