Surabaya- ( Portal Langit). TPQ Ruhulloh SPMAA cabang Sambikerep Surabaya rupanya memiliki cara yang menarik untuk membuat para santri TPQ lebih rajin berangkat ngaji.  Sekaligus juga belajar mengamalkan nilai-nilai kebaikan yang ada dalam Alquran.

Selasa 9 Maret 2021 kemarin, TPQ yang memanfaatkan sebuah ruang kosong dalam rumah tersebut mengadakan kegiatann Cooking Class.  Santri TPQ yang berjumlah 33 tersebut sangat semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini.  Kegiatan yang dilakukan sebulan sekali pada setiap awal bulan ini bertujuan untuk menambah semangat belajar santri juga untuk melatih santri-santri TPQ  berbagi.

Antusias para santripun bertambah dengan kostum chef yang sudah disiapkan oleh masing-masing santri dari rumah.

Ustadzah Muslimah selaku kepala TPQ ini menyampaikan bahwa “ Kegiatan yang dilakukan sebulan sekali ini  bertujuan agar para santri suka berbagi.  Karena hasil masakan dari cooking class ini selain dimakan bersama juga dibagikan pada masyarakat sekitar.”

Lebih jauh lagi Ustadzah Muslimah menerangkan bahwa “ dengan kegiatan ini secara tidak langsung kami mengajari para santri untuk mengamalkan isi Alquran yaitu belajar memberikan makanan atau barang yang dicintai.  Jadi di TPQ Ruhulloh ini, santri tidak hanya belajar membaca Alqur’an saja tapi juga belajar mengamalkan isi Alqur’an.

Dana untuk kegiatan ini berasal dari dana infaq para santri itu sendiri.  Santri TPQ ini dirangsang untuk berinfaq. Dari dana yang terkumpul diagendakan untuk kegiatan cooking class, menengok teman lain yang sakit atau kegiatan social yang lain.

Untuk guru yang mengajar cooking class ini, Ustadzah Muslimah menggandeng beberapa walisantri yang punya keahlian memasak untuk menjadi tutor kegiatan ini.  Selain untuk mempererat tali silaturrahmi dengan para walisantri juga sekaligus media pembelajaran bagi walisantri itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *