Sembalun-Portalangit. Kegiatan parenting untuk anak usia dini khususnya siswa dan wali murid KB Bibit Muchtary. Lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan SPMAA Dsn brugak Mujur, Ds. Sembalun Timba Gading Kec. Sembalun Kab.lombok timur, prov. NTB.

Pertemuan yang dilakukan pada Sabtu, 25 November 2023 mengangkat tema “membangun kerja sama antara guru dan orang tua untuk mengembangkan kecerdasan anak secara maksimal dan mendidik anak sesuai zamannya.”

Dengan dihadiri oleh 21 orang yang terdiri dari wali murid, jamaah SPMAA Sembalun, beserta guru.

Pertemuan ini dikemas dalam bentuk kelas diskusi antara guru dan wali murid. Dengan pertanyaan dari wali murid mengenai keluhan yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak di rumah. Hal ini membuka cara penyelesaian dalam menghadapi masalah tersebut.

Materi parenting dalam pertemuan ini di sampaikan oleh Nurhayati S.pd, AUD, S.psi, M.si. dosen di IAI Al-Qolam dan Universitas Terbuka Malang.

Satu di antara materi yang disampaikan tentang macam-macam kecerdasan anak, tanggung jawab orang tua terhadap anak, dan cara mengatasi anak yang kecanduan hp.

“Menambah wawasan, menjalin silaturrahmi, ilmu yang saya dapat belajar untuk mendidik anak yang baik, tidak cepat marah kepada anak, harus sabar dalam mendidik anak, penuh dengan kasih sayang dalam mendidik dan mengayomi anak.”ungkap Rohima guru KB Bibit Muchtary.

kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada  para orang tua dalam hal mendidik anak karena waktu mereka lebih banyak bersama anak-anak di rumah dibandingkan dengan guru.

“Alhamdulillah ada perubahan dalam kehidupn dan menerapkan apa yang saya dapatkan ketika pelatihan.”tutur Rohima guru KB Bibit Muchtary.

‘Tindak lanjut kedepannya minimal sebulan sekali secara rutin harus dilakukan kegiatan parenting untuk melakukan perbaikan sistem pola didik antara orang tua, guru, dan anak.”tambahnya.

Selain itu, Nurhayati S.pd, AUD, S.psi, M.si. dosen di IAI Al-Qolam dan Universitas Terbuka Malang memberikan kesan khusus kepada SPMAA yang memiliki program sosial, pendidikan, dan lingkungan. Dan mempunyai TPU(tenaga penyayang umat) yang bertugas di pos SPMAA tidak bergaji hanya mengharap ridho dan ampunan Allah.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *