Lamongan-Portalangit. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Katolik Santo Vincentius Surabaya mengadakan kegiatan studi silatul fikri guna menyamakan dan menguatkan pemikiran, ide, dan gagasan yang dilakukan di Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan pada Sabtu, 04 November 2023.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Sr. Elisabeth Puteri Kasih dari Yayasan Donbosco Surabaya bersama 27 orang yang terdiri dari 3 guru dan 25 siswa SMP Katolik Santo Vincentius Surabaya.

“Kami saat ini membawa putra putri kami anggota SSV yang merupakan salah satu ekstrakurikuler di sekolah kami yang bergerak di bidang sosial. SSV sendiri singkatan dari Serikat Sosial Vincentius.” tutur Maulina, guru pendamping kegiatan.

Kedatangan rombongan di Yayasan Ponpes SPMAA disambut langsung oleh Pembina Yayasan Ponpes SPMAA, Ibu Hj. Masyrifah, Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S. Ag., dan Gus World Arbitrator, S.Pd.

Kegiatan ini mengangkat tema “Melayani Misi Family Filantropi” yang bertujuan untuk melakukan studi lapangan terkait pelayanan sosial yang telah diterapkan di Yayasan Ponpes SPMAA.

“Kami datang kesini ingin belajar bagaimana melakukan pelayanan yang lebih baik. Di SPMAA ini luar biasa dengan mendidik murid, santri untuk bisa melayani sesama salah satunya juga dengan kerendahan hati, dengan kesederhanaan. Nah, itulah yang ingin kami tanamkan kepada mereka.” ungkap Maulina.

Selanjutnya, rombongan tersebut didampingi oleh para TPU (Tenaga Penyayang Umat) SPMAA untuk berkeliling kompleks asrama Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan. Dari sini peserta kunjungan mendapat banyak pelajaran dan ilmu pengetahuan baru mengenai sistem pelayanan yang diterapkan di SPMAA.

“Tempat ini luar biasa meskipun sederhana, namun pelayanan yang diterapkan membuat saya kagum bagaimana anak-anak bisa mengatur diri mereka dengan baik, bisa menerima kami dengan baik, melaksanakan tugas dengan baik, dan bisa bekerja sama dengan baik, dan saat kami berkunjung di manula mereka terawat dengan pelayanan baik.” ungkap Maulina.

Adapun kegiatan kelas diskusi yang didampingi langsung oleh Pembina Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan, ibu Hj. Masyrifah, Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S. Ag., dan Gus World Arbitrator, S. Pd. dengan memperkenal Tiga Proyek Besar Umat Manusia yang merupakan nilai dasar yang diterapkan di Yayasan SPMAA dalam misi pelayanan umat manusia.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *