Denpasar-Portalangit. Outbound masa orientasi santri (MOS) SPMAA 2023 bagi santri putra telah terlaksana selama empat hari mulai Rabu, 12 Juli 2023 hingga Sabtu, 15 Juli 2023, dilanjut outbound santri putri pada Minggu, 16 Juli 2023 hingga Rabu, 19 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Moronyamplung, Lamongan.

Diikuti oleh calon santri putri sebanyak 42 orang. Sebelum pemberangkatan ke lokasi perkemahan, peserta melakukan upacara pemberangkatan di depan Kantor Utama Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan.

Berbeda dengan pemberangkatan peserta putra yang harus berjalan sepanjang 3,5 Km, namun peserta putri menuju lokasi menggunakan transportasi truk dari depan Ponpes SPMAA Lamongan.

Outbound masa orientasi santri putri ini mengangkat tema “Doktrin Pengislaman Santri Disiplin Pengamalan Santiaji”.

Diketahui jadwal kegiatan outbound santri putri ini sama dengan outbound santri putra. Awal kedatangan peserta mendapat instruksi untuk mengumpulkan daun yang ada di sekitar guna menumpuk kembali lokasi masjid yang telah dibuat oleh peserta putra.

Sebanyak 42 peserta dibagi menjadi 5 kelompok, yang diberi nama; kelompok petani, kelompok peternakan, kelompok pekebun, kelompok pedagang, dan kelompok petambak.

Setiap kegiatan peserta mendapat ilmu terapan berupa doktrin santri disiplin pengamalan santiaji di antaranya; 1. Disiplin saat.

2. Disiplin giat.

3. Disiplin tempat.

4. Disiplin alat.

5. Disiplin umat.

6. Disiplin sehat.

7. Disiplin selamat.

8. Disiplin taat.

9. Disiplin semangat.

10. Disiplin akhirat.

Dihari ke-dua Senin, 17 Juli 2023 peserta mendapat materi adab dan doktrin disiplin dari Gus Basyirun Adhim, S.Sos., LBB dan fidur santri SPMAA dari Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S. Ag. dan mendapat ilmu karakter santri SPMAA yang disampaikan oleh Gus H. Hafidh Sugeng Koco Purnomo, S.H.

Selanjutnya, hari ketiga peserta melakukan penjelajahan mulai dari menyusuri hutan hingga susur sungai. Adapun hal unik dan ekstrim dalam penjelajahan ini yaitu susur sungai. Para peserta harus menyusuri aliran sungai dengan setiap kelompok menandu satu anggotanya, seluruh peserta menggunakan pelampung dan helm guna safety.

Hal ini terkait keamanan peserta yang harus melewati kedalaman air sungai, batu, dan lumpur yang licin.

Dalam kegiatan penjelajahan ini santri membutuhkan kekompakan, kerjasama, disiplin, dan mengutamakan kepentingan bersama. Banyak berdoa disepanjang rute penjelajahan menjadi kunci keselamatan.

Tak hanya itu, di hari ketiga ini para peserta mengikuti kegiatan merayap di atas tapi tambang, merayap di atas jaring Laba-laba, dan flying fox.

Sekitar pukul 24.00 WIB peserta dibangunkan untuk mengikuti kegiatan jurit malam yang telah disediakan beberapa pos yang harus di lewat oleh peserta, namun setiap pos tersebut dijaga oleh panitia yang menyamar sebagai wujud hantu. Setiap peserta berjalan menelusuri ladang hingga kuburan yang gelap gulita. Nampak para peserta ketakutan melewati rute jalan, sehingga banyak peserta yang berteriak karena terkejut dengan keberadaan hantu-hantu yang telah di sediakan tersebut.

Terakhir para peserta di masukan kedalam lubang yang didesain seperti liang kuburan guna menanamkan kepada santri penting mengingat bahwa mati itu pasti dan pentingnya menobati dosa sebelum mati itu tiba.

“meskipun merasa capek, badan terasa sakit namun saya bahagia dan semangat, banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat. Saya merasa bahagia mengikuti outbound ini,” ungkap Baqri Taslimah. Peserta outbound masa orientasi santri SPMAA 2023.

Pada hari ke-empat Rabu, 19 Juli 2023 kegiatan ditutup dengan mengikuti upacara penutupan sebagai tanda berakhirnya kegiatan outbound masa orientasi santri (MOS) SPMAA 2023 yang diadakan di Bumi Perkemahan Moronyamplung.

Dalam kegiatan outbound masa orientasi santri SPMAA 2023 ini seluruh peserta putri mendapat pin kelulusan yang menjadi bukti lolosnya awal tantangan para santri dalam menaati sistem Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan.

“Setelah outbound ini semoga kami dapat menerapkan ilmu yang kita dapat selama outbound tentang adab dan berilmu,” kata Janiba, pendamping outbound masa orientasi santri SPMAA 2023.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *