Lamongan-Portalangit. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana berhasil menggelar workshop edukasi gizi, pencegahan anemia, dan life skill para remaja pada Kamis, 18 Mei 2023.

Kegiatan bertempat di Dinas PPKB (Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana), Karangmulyo, Sukomulyo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur dengan diikuti sebanyak 56 peserta satu di antaranya yaitu Madrasah Aliyah Ruhul Amin.

Tujuan dari workshop tersebut di antaranya untuk menindaklanjuti RTL (rencana tindak lanjut) yang telah dibuat ketika workshop edukasi gizi pencegahan anemia dan lifeskill bersama BKKBN provinsi Jatim.

Diharapkan melalui adanya orientasi di kabupaten yakni agar remaja di Lamongan mendapatkan wawasan edukasi mengenai gizi,anemia, dan life skill dengan harapan remaja yang mengikuti orientasi di kabupaten setelah kegiatan ini bisa melanjutkan untuk mengedukasi orang lain di lingkungannya masing -masing.

Materi edukasi disampaikan oleh tiga fasilitator yang telah di latih di Provinsi yaitu Anggraeni Sovi Maria Septiana ( Insan Genre lamongan ), M.Reza Ramdhani ( COE PIK-R Lamongan dan Insan genre lamongan ), Rizki Agung ( Saka Kencana ).

Materi yang diberikan berdasarkan pada 2 buku modul yaitu modul Edukasi Gizi dan pencegahan anemia pada remaja, kemudian modul yang kedua yaitu life skill ( Aku dan Tubuhku ). Ada 10 topik yang disampaikan pada kegiatan edukasi tersebut yakni meliputi :

1. Aku dan tubuhku

2. Gizi dan rentang hidup manusia

3. Cintai dirimu sendiri ( self love)

4. Pahami label makanan

5. Lihat lebih dekat pastikan kamu tahu kandungan apa saja yang kamu makan

6. Cegah Anemia

7. Cegah stunting

8. Mengelola emosi

9. Berfikir kritis

10. Berfikir kreatif

Diakui para peserta mendapat banyak ilmu baru setelah mengikuti kegiatan tersebut.

“ilmu yang saya dapatkan mengenai edukasi kemarin sangat banyak sekali, salah satunya yakni mengenai aku dan tubuhku disitu kita membuat gambar sketsa tubuh dan saya mendapatkan ilmu yang belum saya ketahui akhirnya jadi tahu, tentang gizi dan rentan hidup manusia, self love, pahami label makanan, kandungan makanan, cegah anemia, cegah stunting, mengelola emosi, berfikir kritis, dan berfikir kreatif.” Ungkap Anisa Azzahra, peserta perwakilan dari Madrasah Aliyah Ruhul Amin.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *