Surabaya-Portalangit. Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur launchingkan acara Opening Ceremony Srikandi Siaga Bencana Jawa Timur pada Minggu, 19 Februari 2023 bertempat di Lagoon Avenue Mall, Surabaya.

Acara dikemas dalam bentuk talkshow menghadirkan Dadang Iqwandy, Sub Koordinator Sub Subtansi Pencegahan BPBD Provinsi Jawa Timur dan Dian Harmuningsih, Koordinator SRPB Jawa Timur sebagai pemateri dengan diikut 100 srikandi siaga bencana.

Dian Harmuningsih menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ujung tombak pelopor kesiapsiagaan bencana Jawa Timur guna meningkatkan potensi para srikandi dengan memberi pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam melayani masyarakat.

“Diharapkan srikandi 100 ini dapat menjadi pelopor-pelopor di daerah masing-masing, karena hari ini ada 10 kuota setiap daerah di Jawa Timur yang kemudian membentuk lingkaran kecil di daerahnya menjadi fasilitator unggulan dan mereka membuat proyek-proyek inovasi sendiri yang kemudian kesiapsiagaan Jawa Timur meningkat.” Ungkap Dian Harmuningsih.

Dalam hal ini Dadang Iqwandy memberikan apresiasi kepada SRPB Jawa Timur melatih 100 srikandi dari beberapa daerah di Jawa Timur diantaranya; Malang, Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Jombang, Pasuruan, Mojokerto, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, bahkan ada juga dari Palembang, dan satu diantaranya yaitu srikandi relawan SANTANA SPMAA.

“SANTANA SPMAA luar biasa, kita srikandi memiliki kemampuan yang tidak dimiliki laki-laki oleh karena itu tingkatkan kualitas diri, berprestasi, dan pengabdian yang tulus.” Kata Dian Harmuningsih.

Selanjutnya, Dian Harmuningsih dalam sesi talkshow kedua menjelaskan bahwa 100 srikandi siaga bencana akan dilatih dalam empat tahap yakni; wawasan umum, teknis fasilitasi, penguatan dan penyebaran fasilitator di daerah masing-masing.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *