Gunungkidul-Portalangit. Pelatihan pembuatan pakan ternak sapi dan kambing bagi masyarakat Gunung Kidul.

Kegiatan ini bersinergitas SPMAA Pusat, SPMAA Mojokerto, dan Omah Sinau SPMAA Gunung Kidul. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 09 April 2022.

Kegiatan tersebut berlokasi di Dsn. Wonosari, Ds. Jurang Jero, Kec. Ngawen, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dalam pelatihan ini dihadiri oleh Gus Khosyi’in beserta masyarakat sekitar beserta para jama’ah SPMAA Gunung Kidul sebanyak 30 orang.

Selain itu, pelatihan ini dihadiri oleh Rokhim dari SPMAA cabang Mojokerto sebagai narasumber dalam pelatihan pembuatan pakan ternak.

Saat kegiatan berlangsung Rokhim sebagai narasumber menjelaskan secara teori cara pembuatan pakan ternak kambing dan sapi. Dilanjut dengan praktek secara langsung cara pembuatan pakan ternak sapi dan kambing.

Tujuan diadakan pelatihan tersebut agar meringankan beban masyarakat yang harus mencari pakan rumput sehari 3-5 kali.

“Masyarakat Jurang Jero selama ini diburuhi oleh kambing, Rojo Koyo Opo Koyo Rojo, begitulah istilahnya karena yang terjadi disini,  beli kambing modal Rp1. 500.000,00 baru bisa jual setahun lagi dengan harga Rp2. 000.000,00 ini sangat rugi,” kata Sopan TPU yang bertugas di SPMAA Gunung Kidul.

Pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi ini mengajarkan cara membuat pakan ternak dengan memanfaatkan limbah sekitar yang tidak terpakai diantaranya, pohon jagung, kulit kacang, tongkol jagung, daun bambu dan lainnya.

“Dalam sistem pakan fermentasi ini hewan ternak siap jual dalam waktu 3-5 bulan, dan sehari cukup memberi makan ternak sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore,” ungkap Sopan.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *