CNN. Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,3 mengguncang Jepang timur pada Rabu (16/3) malam hingga memicu peringatan tsunami. Gempa tersebut berpusat di lepas pantai wilayah Fukushima pada kedalaman 60 kilometer.

Berdasarkan Badan Meteorologi Jepang, seperti dikutip Reuters pada Rabu (16/3), gempa yang mengguncang ibu kota Tokyo itu sempat memicu peringatan tsunami di beberapa bagian pantai timur laut.

Tak lama setelah itu, sekitar pukul 23.36 waktu setempat, peringatan gelombang tsunami satu meter dikeluarkan untuk bagian-bagian pantai timur laut.

Media milik pemerintah, NHK, memberitakan guncangan gempa sangat kuat hingga membuat orang sulit berdiri.

Berikut situasi terkini gempa yang kini mengguncang wilayah timur Jepang:

Listrik 2 Juta Rumah di Jepang Padam

Gempa kuat mengguncang pantai timur laut Jepang pada Rabu (16/3) malam. Gempa bermagnitudo (M) 7,3 itu mengguncang gedung-gedung hingga memicu peringatan tsunami.

Tak hanya itu, aliran listrik jutaan rumah juga dikabarkan terputus akibat gempa tersebut. Tokyo Electric Power Company mengatakan bahwa sekitar 2 juta rumah tangga tanpa listrik.

Media pemerintah NHK seperti dilansir Reuters pada Rabu (16/3) memberitakan TEPCO juga sedang memeriksa kondisi reaktor di pembangkit Fukushima. TEPCO merupakan perusahaan multinasional Jepang yang menghasilkan berbagai macam produk energi.

Operasional Kereta di Jepang Terganggu Akibat Gempa 7,3 M

Gempa bermagnitudo (M) 7,3 mengguncang Jepang Timur pada Rabu (16/3) malam. Gempat itu berpusat di lepas pantai wilayah Fukushima pada kedalaman 60 kilometer dan memicu peringatan tsunami.

Gempa tersebut menyembabkan aliran listrik 2 juta rumah di Jepang padam. Tak hanya itu, seperti diberitakan AFP pada Rabu (16/3), gempa itu juga memengaruhi operasi kereta api di sana.

Pembangkit Nuklir Fukushima Dipastikan Aman

Pembangkit nuklir Fukushima dipastikan tidak mengalami gangguan atau kerusakan akibat gempa bermagnitudo (M) 7,3 mengguncang Jepang, Rabu (16/3) malam.

“Tidak ada kelainan di pembangkit listrik Fukushima usai dilanda gempa,” kata otoritas nuklir Jepang seperti diberitakan AFP, Rabu (16/3).

Satu Orang Dilaporkan Meninggal

Gempa bermagnitudo (M) 7,3 mengguncang Jepang timur pada Rabu (16/3) malam hingga memicu peringatan tsunami di beberapa bagian pantai timur. Gempa itu dilaporkan memakan korban.

Kantor berita lokal Kyodo, seperti dilansir AFP pada Kamis (17/3), melaporkan sedikitnya satu orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

Peringatan Tsunami Akibat Gempa 7,3 M di Jepang Dicabut

Pihak berwenang telah mencabut peringatan tsunami beberapa jam setelah gempa bermagnitudo (M) 7,3 mengguncang Jepang timur pada Rabu (16/3) malam. Peringatan tsunami itu juga dicabut tak lama setelah listrik pulih.

Seperti diberitakan AFP pada Kamis (17/3), gempa 7,3 M itu memicu peringatan tsunami dengan gelombang hingga satu meter untuk wilayah Fukushima dan Miyagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *