Jember, Portal Langit – Santri Dirgantara SPMAA saat ini tengah mengikuti diklat Gantolle Jatim 2021. Diklat ini dilaksanakan dikawasan lapangan lepas  landas bandar udara Notohadinegoro  Jember, Jawa Timur.

Kegiatan ini diadakan oleh PemProv Jawa Timur, diikuti oleh berbagai Lembaga Pendidikan yang tersebar di Jawa Timur. Pada kesempatan kali ini juga sebanyak 7 personil SANDIRGA SPMAA dari kelas taruna dan siswa Aliyah Ruhul Amin Lamongan mengikuti diklat tersebut selama 10 hari.

“Alhamdulillah hari ini hari ke-2 pelaksanaan Diklat Gantolle ini, kami dari personil SANDIRGA diberangkatkan kemarin dari Mabes SPMAA Lamongan pada pukul 05:00 pagi menuju ke lapangan Koni Jatim di Surabaya guna untuk melakukan test Swab dan Test Fisik. Sehingga pada pukul 14:00 wib kami diberangkatkan menuju Jember bersama peserta lainnya.” Ucap Avent, salah satu anggota perwakilan dari SANDIRGA SPMAA.

Olahraga Dirgantara Gantolle adalah salah satu olahraga Nasional bahkan Internasional yang sering diadakan perlombaan di Indonesia maupun dunia. Olahraga terbang ini dilakukan dengan cara menggunakan pesawat yang sederhana yang hanya terdiri dari sayap kain yang berangka-metal, dengan pilot berada di sebuah harness yang menggantung dari kerangka sayap dan melakukan kontrol dengan menggerakan badan terhadap rangka yang berbentuk segitiga yang juga menempel di kerangka utama.

Hari kedua, para peserta diperkenalkan tentang pengertian gantolle, bagaimana sistem kerja pesawat pada saat terbang. Gantole (hang glider) sering disalahartikan sebagai paralayang (paragliding). Padahal kedua jenis olahraga ini sangatlah berbeda, meskipun sama-sama terbang di udara. Perbedaannya meliputi alat terbang, posisi pilot, perbedaan lepas landas dan perbedaan cara mendarat.

“InsyaAllah kami akan melakukan Diklat ini selama 10 hari, Mulai dari tanggal 25 November – 4 Desember, dengan target 40x penerbangan setiap peserta.” Tandasnya lagi.

Dengan adanya kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill yang ada di sub divisi SANDIRGA SPMAA.

( IL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *