Washington DC. Keberhasilan menyelesaikan penerbangan ketiga di Mars oleh helikopter mini NASA yang bernama Ingenuity pada Minggu, 25 April 202, dengan bergerak lebih jauh serta lebih cepat dari sebelumnya.

Dikutip dari CNN.com, dilaporkan dari kantor berita AFP,Ingenuity di penerbangan ketiga helikopter Nasa ini sukses terbang sejauh 50 meter, dengan kecepatan tertinggi 20 meter per detik.


“Penerbangan haru ini adalah apa yang kami rencanakan, namun itu benar-benar menakjubkan,” kata Dave Lavery eksekutif program proyek Ingenuity.

Pesawat penjelajah Perseverance merekam penerbangan ketiga selama 80 detik dengan membawa helikopter seberat 1,8 kg itu ke Mars.

NASA pada Minggu mengatakan, klip videonya akan dikirim ke Bumi beberapa hari mendatang. Penerbangan lateral adalah tes untuk sistem navigasi otonom helikopter, yang melengkapi rute berdasarkan informasi yang diterima sebelumnya.

“Jika Ingenuity terbang terlalu cepat, algoritme penerbangan tidak dapat melacak fitur permukaan,” jelas NASA dalam keterangannya tentang penerbangan tersebut.

Penerbangan Ingenuity tergolong menantang karena kondisinya sangat berbeda dari Bumi, terutama atmosfer yang kepadatannya kurang dari 1 persen dibandingkan planet kita. Itu artinya rotor Ingenuity harus berputar 2.400 rpm agar bisa terbang, sekitar lima kali lebih banyak daripada helikopter di Bumi.

Saat ini NASA  mempersiapkan penerbangan keempat. Setiap penerbangan direncanakan untuk menambah kesulitan dan mencari tahu batas kemampuan Ingenuity.

Sementara percobaan Ingenuity akan berakhir dalam satu bulan, dan Perseverance kembali ke tugas utamanya yaitu mencari tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu di Mars.(rls)