Denpasar-Portalangit. Guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk Idulfitri 2023 Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang baru secara offline maupun online di seluruh wilayah Indonesia.

Masing-masing orang dibatasi maksimal penukaran baru sebesar Rp3,8 juta dengan masa penukaran dibuka mulai 27 Maret hingga 20 April 2023. 

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan pihaknya menyediakan uang tunai Rp195 triliun untuk layanan penukaran uang. Jumlah tersebut naik 8,22 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat,” kata Erwin dalam keterangan resmi, pada Senin, 20 Maret 2023 lalu.

Layanan penukaran pecahan rupiah baru ini bisa diakses di 5.066 titik layanan penukaran di bank-bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain 5.066 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian seperti terminal, pasar, dan stasiun.

Bank sentral juga membuka layanan kas keliling susur sungai, khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan perbankan pada 27 Maret hingga 19 April 2023.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, pelayanan terhitung 3-14 April 2023 dapat dilakukan di 16 bank wilayah DKI Jakarta melalui layanan kas keliling bersama.

Berikut lokasi masjid di DKI Jakarta untuk penukaran yang baru:

– Masjid Hasyim Asya’ri

– Masjid Istiqlal

– Masji At Tin

– Masjis Islamic Center

– Masjid Al Azhar.

Berikut daftar pasar yang menjadi lokasi penukaran uang BI di Jakarta melalui kas keliling sebagai berikut:

1. Pasar Kopro
2. Pasar Pramuka
3. Pasar Rawa Bening
4. Pasar Slipi
5. Pasar Koja
6. Pasar Tebet
7. Pasar Palmerah
8. Pasar Kopro
9. Pasar Bening
10. Pasar Induk Kramat Jati

Layanan ini hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek, yaitu:

– Pasar Kopro

– Pasar Pramuka

– Pasar Rawa Bening

– Pasar Slipi

– Pasar Koja

– Pasar Tebet

Kemudian di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023.

“Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR,” kata Erwin.

Sementara itu, mulai 15-19 April 2023, BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui aplikasi PINTAR.

Selain menukar secara langsung atau offline, BI juga menyediakan layanan penukaran uang online melalui situs PINTAR.

Cara menukar uang baru di BI secara online:

1. Buka situs PINTAR melalui https://pintar.bi.go.id

2. Memilih menu Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling pada laman utama situs

3. Pilih provinsi untuk menukar uang yang diinginkan

4. Tentukan lokasi, tanggal dan jam yang tersedia sesuai kebutuhan

5. Isi data pemesanan, yang mencakup NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail

6. Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, lalu akan muncul bukti pemesanan dan simpan

7. Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *