Denpasar-Portalangit. Angin puting beliung kembali menyapu di wilayah Kecamatan Wonosari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Minggu, 05 Maret 2023 mengakibatkan ratusan rumah mengalami kerusakan.

“Sesuai data BPBD Kabupaten Madiun, angin puting beliung melanda di Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo Kecamatan Wonoasri,” ujar Bupati Madiun Ahmad Dawami, seperti dikutip pada berita Antara.

Menurut Ahmad, ratusan rumah diperkirakan rusak dengan kategori ringan hingga sedang akibat puting beliung ini. Namun, petugas BPBD masih melakukan pendataan untuk mendapatkan data pasti.

Sementara kebanyakan rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Banyak genting beterbangan akibat disapu puting beliung yang disertai hujan saat kejadian. Selain itu, puting beliung juga menumbangkan beberapa pohon sehingga memicu gangguan arus listrik dan terdapat satu pohon tumbang di rel kereta. Akibatnya, perjalanan kereta api Jayakarta dari Surabaya Gubeng menuju Pasar Senen terhambat.

Petugas lantas melakukan evakuasi pohon tumbang itu dengan menggergaji batangnya. Dahan pohong itu menimpa tiang dan kabel listrik, menutup akses jalan, hingga merusak sejumlah rumah.

Selanjutnya upaya pembersihan dampak bencana ini diteruskan pada Senin, 06 Maret 2023 pagi. Bantuan logistic akan disalurkan bagi warga yang terkena dampak angin puting beliung ini.

BPBD mengimbau warga agar selalu waspada karena curah hujan diperkirakan masih tinggi pada awal 2023 mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir, dan banjir bandang rentan terjadi.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *