Magetan-Portalangit. Program kampung iklim (proklim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangkuan kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi.

Selain itu juga memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kemudian dalam rangka memperingati Hari Penanaman Pohon Indonesia (HMPI), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Magetan mengadakan kegiatan menanam pohon Beringin sekaligus penyerahan penghargaan berupa sertifikat proklim kategori utama-nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup RI kepada dia kelurahan yakni Kelurahan Bulukerto RW 01, dan Kelurahan Tawanganom RW 05.

 Kegiatan dikemas dalam gerakan gotong royong reboisasi dan penghijauan Kab. Magetan yang dilaksanakan pada Senin, 05 Desember 2022 berlokasi di hutan Kota Sudibyo Kelurahan Mangkujayan. Yayasan SPMAA Magetan ikut hadir dalam kegiatan diwakili oleh TPU Nurul Huda.

Yayasan SPMAA Magetan telah ditunjuk untuk mewakili kegiatan Proklim Kelurahan Bulukerto selama 4 tahun ini.

Sejak program kampung iklim dicangkan di Kelurahan Bulukerto tahun 2019-2022, Yayasan SPMAA Magetan dengan aktif melakukan aksi berupa pengolahan sampah anorganik hingga sampah organik.

Sampah organik yang telah terkumpul diolah menjadi pupuk kompos dan pupuk organik cair. Pemanfaatan pekarangan rumah dengan ditanami sayuran, tanaman toga, dan buah-buahan.

Menampung air hujan untuk dimanfaatkan dalam program tanaman Hidroponik dan Aquaponik, yang dipadukan dalam budidaya ikan dan sayuran. Hal ini menjadi data tarik tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Magetan untuk menjadi tempat rujukan dikunjungi guna melakukan studi banding.

Alhamdulillah, SPMAA Magetan ikut berperan aktif dalam kegiatan adaptasi, mitigasi, dan kelembagaan dalam perubahan iklim khususnya di wilayah Kabupaten Magetan,” ungkap Nurul Huda, Ketua Koordinator Yayasan SPMAA Magetan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Magetan, Dr. Drs. Suprawoto, S.H. M.Si. bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan, disaksikan oleh tamu undangan Forkopimda dan Forkopimca.

“Ayo menanam pohon hari ini, agar bisa memberi manfaat dimasa nanti, untuk anak cucu kita dan untuk keberlangsungan ekosistem di Magetan. Jangan bosan untuk menanam,” kata . Drs. Suprawoto, S.H. M.Si.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *