Lamongan-Portalangit. Semangat para santri disetiap harinya mengalami naik turun, maka dari itu perlu adanya penyemangat sebelum melakukan aktivitas.

Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan memiliki sistem kegiatan satu diantaranya yaitu briefing pagi. Hal ini dilakukan setiap pagi setelah sholat Dhuha, sarapan pagi, dan sebelum berangkat sekolah.

Seperti halnya pada Sabtu, 29 Oktober 2022, santri putri melakukan briefing di masjid Ruhullah sedangkan santri putra dilaksanakan di halaman kantor utama.

Diikuti sekitar 35 santri putra dipimipin oleh Teguh dan 50 santri putri dipimipin oleh Khoirotun. Tidak semua santri mengikuti briefing, ada beberapa santri yang harus izin tidak mengikuti.

“briefing merupakan kegiatan harian dan melatih siswa untuk disiplin dan tepat waktu,” Kata Zainuri, ustadz pendamping.

Briefing diawali dengan persiapan barisan, laporan setiap pleton barisan, cek kerapian, pembacaan 8 rukun santri SPMAA, dan amanat pemimpin briefing.

Khoirotun dalam amanatnya mempertegas kepada para santri mengenai keaktifan sholat berjamaah, meskipun sedang menstruasi tetap datang ke masjid untuk melakukan wirid guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Alasan saya mengikuti briefing setiap pagi yaitu taat sistem, belajar disiplin, dan berharap mendapat santri teraktif,” ungkap Laila Ramadhani, santri dari Kalimantan Timur.

Selanjutnya briefing diakhir dengan do’a bersama, para santri dibubarkan dari barisan dan berangkat sekolah.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *