Pasuruan-Portalangit. Untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan Yayasan Ponpes SPMAA Pasuruan melakukan kegiatan Pekan Ramadhan (Perambah) Anak Maika SPMAA Pasuruan.

Peramah dimulai pada Kamis, 14 Maret 2024 sampai Minggu, 17 Maret 2024. Bertempat di Yayasan Ponpes SPMAA Pasuruan, Dsn. Tamanan, RT.02/Rw.15, Ds. Kepulungan, Kec. Gempol, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Diikuti oleh 25 peserta terdiri dari siswa Maika (Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Ibtidaiyah)

Pembukaan dilakukan pada Kamis, 14 Maret 2024. Untuk menyemangati kegiatan, para peserta dibagi menjadi per kelompok dan membuat yel-yel masing-masing.

Adapun materi-materi yang diajarkan dalam kegiatan peramah kali ini yaitu materi macam hukum dalam Islam, dan syarat dan ketentuan berpuasa.

Selama empat hari kegiatan peramah ini di dampingi langsung oleh Pembina Yayasan Ponpes SPMAA Pasuruan, Gus Rochman Arsyis Tawa, S. Pd. dan para Tenaga Penyayang Umat (TPU) yang bertugas di Yayasan Ponpes SPMAA Pasuruan.

Agar tidak jenuh disela-sela materi ada beberapa permainan dan lomba di antaranya; lomba ceramah, lomba adzan, dan lomba tartilul Quran.

Untuk mengajarkan jiwa kasih sesama dan saling berbagi dalam kegiatan peramah ini para peserta melakukan pembagian takjil secara gratis dengan didampingi secara langsung oleh Gus Rochman Arsyis Tawa, S. Pd. Dan para Tenaga Penyayang Umat (TPU).

Semua kegiatan ini dikemas dalam bentuk menarik namun tetap mengedepankan standar penanaman karakter bagi peserta. Yaitu penanaman kemandirian, percaya diri, dan kreatif.

“Kami sangat bahagia bisa berbagi ilmu dan untuk selanjutnya semoga bisa lebih kreatif lagi untuk meningkatkan banyak materi. Anak-anaknya antusias untuk melaksanakan kegiatan tersebut.”tutur Febri Tenaga Penyayang Umat Yayasan Ponpes SPMAA Pasuruan.

Penutupan terakhir dilakukan pada Minggu, 17 Maret 2024 sekaligus pembagian hadiah bagi peserta yang memenangkan lomba ceramah, lomba Adzan, dan lomba tartilul Quran.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *