CNN. Seorang fotografer asal Jerman, Sebasian Voltmer mengklaim berhasil mengabadikan dua astronaut sedang berjalan di angkasa luar dari Bumi. Ini pertama kalinya astronaut Stasiun Antariksa Internasional (ISS) berhasil diabadikan kala berjalan di angkasa luar.

Voltmer mengaku berhasil menjepret kedua astronaut, yaitu astronaut AS, Raja Chari dan astronaut Jerman, Matthias Maurer pada Rabu (23/4) saat dalam misi pemasangan kamera. Selain memasang kamera, mereka juga diketahui tengah melakukan pemeliharaan dan pembaruan perangkat.

Karya Voltmer telah dipublikasikan di berbagai media publikasi, seperti Sky, Telescope, serta beberapa pameran seperti Smithsonian di Washington, DC, Amerika Serikat; Carl Zeiss Planetarium di Stuttgart, Jerman; dan beberapa tempat lain.

“Gambar ISS ini diambil pada 23 Maret 2022, dalam kondisi penglihatan yang baik melalui teleskop C11 EdgeHD saya dari kampung halaman astronaut ESA Dr. Matthias Maurer,” kata Voltmer melansir Spaceweather.

“Saya merasa seperti saya baru saja membuat gambar sekali seumur hidup. Ini mungkin gambar darat pertama yang menunjukkan dua spacewalker di ISS pada saat yang bersamaan,” imbuhnya.

Dilansir dari Science Alert, Voltmer mengatakan ia segera mengirimkan foto yang memuat Matthias Maurer ke media Jerman setelah memotretnya, kemudian fotonya menjadi viral.

Setelah itu Voltmer kemudian terus mengerjakan gambar untuk menyoroti apa yang dilakukan kedua astronot. Seorang fotografer terkenal lain bernama Philip Smith menghubungi Voltmer untuk memberi tahu dia tentang Raja Chari yang juga ada di gambar dan tengah berada di lengan robot Canadarm 2 di ISS.

Lebih lanjut, Voltmer telah berulang kali mencoba mengabadikan aktivitas astronaut di ISS. Dalam Instagram pribadinya, terdapat lebih dari 1.500 foto Bulan, ISS, dan sejumlah perlengkapan yang digunakannya untuk menangkap keindahan langit pada malam hari.

Foto Voltmer merupakan foto pertama yang berhasil memotret astronaut ISS sedang berjalan di angkasa luar dari Bumi.

Selain menjadi foto pertama, foto dua astronaut yang ditangkap Voltmer juga adalah salah satu misi spacewalk terpanjang dalam sejarah, seperti dikutip dari Interesting Engineering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *