CNN. Harga avtur PT Pertamina (Persero) naik. Menilik data PT Pertamina yang dikutip dari detik.com, harga avtur di Bandara Soekarno Hatta pada 1-14 Maret untuk penerbangan internasional (international flight price) sebesar US$76,90 sen per liter.

Sementara, untuk domestic flight price into plane/not into plane Rp11.967,55 per liter.

Jika dibandingkan dengan periode 15-28 Februari 2022, terjadi kenaikan sebesar US$1,5 sen dan Rp220,6. Pada periode tersebut, harga untuk penerbangan internasional di bandara yang sama yakni US$75,40 sen per liter.

Kemudian, untuk domestic flight price into plane/not into plane sebesar Rp11.746,95 per liter.

Menanggapi kenaikan harga avtur, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan saat ini kenaikan harga avtur belum berdampak signifikan pada harga tiket pesawat dan masih stabil.

Namun, Irfan mengatakan pihaknya terus berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan terkait kenaikan harga avtur.

“Kami lagi detailkan impact-nya dan juga diskusi dengan Kemenhub. Naiknya harga avtur tentu berdampak ke cost perusahaan, tapi kami kan juga menyadari kepentingan publik,” kata Irfan kepada CNN Indonesia, Selasa (15/3).

Sebagai informasi, harga minyak dunia sempat terkerek karena serangan Rusia ke Ukraina. Pada awal Maret lalu, harga minyak acuan Brent dan WTI menembus US$100 per barel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *