Lamongan-Portalangit. Madrasah Aliyah (MA) Ruhul Amin Lamongan menjadi narasumber sekaligus fasilitator dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Dan Manajemen Siswa (LDKMS) Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel Lamongan.

Merupakan sebuah bentuk kegiatan untuk meningkatkan sumber daya siswa guna mendalami dan memahami tentang konsep dasar sebuah organisasi.

Dalam hal ini, 3 siswa MA Ruhul Amin dan didampingi oleh 3 guru pada Jumat, 11 Oktober 2024 secara langsung datang di sekolah MA Sunan Ampel untuk berbagi ilmu dalam hal LDKMS.

“Kegiatan LDKMS ini sangat penting khususnya untuk siswa Sunan Ampel guna mendidik menjadi leader yang bagus, menanamkan jiwa kesatria untuk menjadikan Sunan Ampel lebih baik lagi.”ungkap Ahmad Maftuki, guru pendamping MA Sunan Ampel.

Adapun beberapa ilmu yang dibagikan oleh siswa MA Ruhul Amin diantaranya, Management Osis, dan Enterpreneeship. Acara ini dilaksanakan di dalam kelas dan diikuti 45 peserta siswa MA Sunan Ampel.

“LDKMS ini berlangsung selama dua hari dengan peserta sebanyak 45 orang putra dan putri siswa MA Sunan Ampel.”kata Ahmad Maftuki.

Selanjutnya pada Sabtu, 12 Oktober 2024 kegiatan dilanjut dalam bentuk outbound penguatan karakter siswa.

Outbound dilaksanakan di Wisata Edukasi Gondang Jawa Timur. Dalam kegiatan ini para siswa mendapatkan materi khusus guna penanaman jiwa kepemimpinan.

Oleh karena itu, materi yang disampaikan bertema “bela negara”. Materi dalam outbound ini dikemas dalam bentuk roleplayer dan materi diskusi lapangan.

Diketahui kerjasama antara sekolah Sunan Ampel dan MA Ruhul Amin (SPMAA) dalam hal pendidikan penanaman karakter telah terlaksana dalam 2 kali kegiatan outbound.

Sebanyak 6 guru pendamping dan 3 siswa  MA Ruhul Amin menjadi pembina dalam pelaksanaan outbound ini.

“Kami berterima kasih kepada SPMAA, ini luar biasa sekali hari Jumat dapat mendampingi materi dan outbound dengan anak-anak mengikuti dengan kondusif, dan pastinya banyak ilmu yang didapatkan.”tutur Ahmad Maftukin.

“selanjutnya kerjasama ini akan berlanjut kedepannya, dan kami meminta SPMAA selalu mendampingi kami dalam kegiatan seperti ini.”pesannya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *