Denpasar-Portalangit. Madrasah Aliyah dan Ponpes Al-Mashduqiah Probolinggo melakukan studi silaturahmi ke Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Dalam silaturahmi kali ini mengusung tema “Praktik terbaik peradaban pesantren 7.0” dengan dihadiri sebanyak 135 orang, dengan masing-masing 125 santri  dan 15 pengurus Ponpes Al-Mashduqiah Probolinggo.

Sesampainya di Ponpes SPMAA Lamongan rombongan tersebut dengan didampingi para TPU (Tenaga Penyayang Umat) untuk berkeliling komplek asrama.

Dari kegiatan berkeliling ini, rombongan mendapat banyak ilmu baru yang diterapkan di Ponpes SPMAA terutama ilmu sosial kasih sesama yang tercermin dalam bentuk kehidupan yang nyata.

“kesan saya setelah keliling sangat senang dan bangga, terharu rasa kasih sayang kepada anak mulai balita hingga lansia disini sangat tercermin dan diterapkan dengan merawat melebihi keluarga sendiri.” Ungkap Ulfa pengurus Ponpes Al-Mashduqiah Probolinggo.

Dilanjut dengan membuka kelas diskusi dan penyampaian visi misi Yayasan Ponpes SPMAA yang dibersamai oleh ibu Hj. Masyrifah, sebagai pembina Yayasan Ponpes SPMAA, Gus H. Ashabun Naim, S.E. sebagai Direktur Yayasan Ponpes SPMAA, ibu Lailatul Azizah, Gus H. Hafidh Sugeng Koco Purnomo, S.H. Gus  H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S.Ag. dan Gus Basyirun Adhim, S.Sos.

Studi silaturahmi tersebut bertujuan untuk mempererat ukhuwah dan melakukan studi banding dengan maksud memperdalam ilmu pengetahuan.

“Ponpes saya kesini bertujuan untuk melakukan studi perbandingan agar kami dapat mencontoh apa yang baik dari ilmu terapan yang ada di Ponpes SPMAA ini. Disini saya banyak menemukan hal yang lebih maju daripada ponpes saya.” Kata Zahra santri Ponpes Al-Mashduqiah Probolinggo.

‘Ponpes SPMAA mempunyai data tarik yang kuat yang mana santrinya hal yang pertama ditanamkan yaitu nilai ketuhanan dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan mengenal betul tuhannya sehingga santrinya bermental kuat, kokoh, dan teguh terhadap ajaran agama Islam.” Tambahnya.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *