Denpasar-Portalangit. Departmen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang melakukan kunjungan ke Yayasan SPMAA Bali pada Sabtu, 17 Desember 2022.

Tujuan dari kunjungan tersebut antara lain sebagai wadah kegiatan berdiskusi (Sarasehan) penguatan peran dan fungsi pondok pesantren dan pendidikan keluarga dalam masyarakat, serta penandatanganan kerja sama Universitas Negeri Malang dan SPMAA Bali.

Sebanyak 27 Dosen Universitas Negeri Malang mengikuti kunjungan tersebut, diantaranya Prof. Dr. Supriyono, M.Pd., Prof., Dr. Ahmad Rasyad, M.Pd., Dr. Zulkarnain, M.Si., M.Pd., Dr. M. Ishaq, M.Pd., Dr. Sri Wahyuni, M.Pd., Dr. Endang Sri Redjeki, M.S., Dr. Ica Purnamasari, M.Pd., Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd., Dr. Ahmad, M.Pd., Drs. H. Moh. Ishom, M.Pd., Kukuh Miroso Raharjo, S.Pd., M.Pd. dan 16 Dosen lainnya.

Selain itu, 7 mahasiswa dari Bali juga ikut menghadiri kegiatan Sarasehan, yaitu 3 mahasiswa Universitas Udayana, 3 mahasiswa Dhyana Pura, dan 1 mahasiswa Universitas Mahasaraswati.

Setibanya rombongan Departemen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang di Yayasan SPMAA Bali disambut langsung oleh Dr. H. Gus Glory Islamic, S.Ag.,M.Si., Gus H. Ashabun Na’im, S.E., dan Ibu Hj. Masyrifah.

Kedatangan rombongan dari Universitas Negeri Malang Departemen Pendidikan Luar Sekolah tersebut tidak lupa disambut dengan tarian tradisional Bali yakni tari Pendet, yang dipersembahkan oleh siswa TK Rare Muchtary.

Kemudian rombongan diarahkan untuk menikmati welcome drink dan hidangan makan pagi yang telah disiapkan oleh Yayasan SPMAA Bali.

Dengan didampingi langsung oleh Dr. H. Gus Glory Islamic, S.Ag., M.Si, Gus H. Ashabun Na’im, S.E. dan para Tenaga Penyayang Umat (TPU) SPMAA Bali , para rombongan berkeliling komplek Yayasan SPMAA Bali yang hidup bersanding dengan masyarakat Hindu Bali.

Sebelum meninggalkan komplek Yayasan SPMAA Bali, rombongan melakukan foto bersama, dan kepergian rombongan diiringi persembahan dari siswa Madrasah Islamiyah Rare Muchtary berupa pertunjukan marching band.

Kegiatan dilanjut di gedung Aula Ruhullah SPMAA Bali berupa kegiatan sarasehan penguatan peran dan fungsi pondok pesantren dan pendidikan keluarga dalam masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Gus H. Glory Islamic, s.Ag.,M.Si. sebagai pembina Yayasan SPMAA Bali, sambutan Gus H. Ashabun Na’im, S.E. sebagai Direktur Yayasan SPMAA Lamongan, dan penyampaian materi tentang pendidikan keluarga dalam masyarakat oleh Ibu Hj. Masyrifah.

Dilanjut sambutan dari Prof. Dr. Ahmad Rasyad, M.Pd. Guru Besar di Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan. Dalam sambutannya menyampaikan, “Ini yang pertama saya dapati sekolah Bertaraf dunia akhirat biasanya kan kelas internasional, kelas dunia jangkanya hanya 25 tahun, 45 tahun tapi ini tidak umum dengan jangka panjang sampai dunia akhirat, sampai surga itu luar biasa,” ungkapnya.

“pendidikan ini yang siswa tidak merasa terkekang, bahkan nyatanya dari perkembangan dinamika berjalan dengan baik di bali ini meskipun banyak perbedaan agama kepercayaan, budaya.” Imbuhnya.

Sambutan telah usai, kemudian Gus H. Glory Islamic, S.Ag., M.Si. bersama Dr. Zulkarnain, M.Si., M.Pd. menandatangani surat kerja sama antara Universitas Negeri Malang dan SPMAA Bali. Selanjutnya pemberian tali asih kepada pihak Yayasan SPMAA Bali, kemudian ditutup doa dan foto bersama.

Sebelum meninggalkan Yayasan SPMAA Bali, rombongan diarahkan untuk menikmati hidangan makan siang di rooftop gedung Ruhullah Yayasan SPMAA Bali. Tempat yang strategis untuk menikmati pemandangan wilayah Bali dari ketinggian.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *