Lamongan-Portalangit. Kegiatan Monitoring dan evaluasi terhadap pondok pesantren penting dilakukan untuk mengukur peran pendidikan yang dijalankan pesantren, di samping untuk menyesuaikan kegiatan dan program pondok pesantren dengan kebutuhan masyarakat.

Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan pada Selasa, 29 November 2022 mendapat kunjungan dari Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (PD Pontren). Dihadiri oleh Drs. H. Masduki Yasin, M.Pd., Kasi PD Pontren, staff PD Pontren bagian pondok pesantren dan bantuan, Fatihul Ihsan, S.Pd. I.M.A., dan staf PD Pontren bagian Madrasah Diniyah Takmiliyah, Hj. Siti Masiroh, M.A.

Selain itu, kunjungan dilakukan guna mempererat silaturahmi antara Kementerian Agama Kabupaten Lamongan dengan pihak Yayasan SPMAA.

Diawali dengan melakukan diskusi interaktif bersama Gus World Arbitrator, S.Pd. sebagai Deputy Direktur Operasional sekaligus kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarokah, dan Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo, S.Ag. sebagai pembina Yayasan Ponpes SPMAA Lamongan.

Kemungkinan dilanjut berkeliling komplek asrama Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan dengan didampingi oleh Gus H. Khosyi’in Koco Woro Brenggolo.

Banyak pelajaran dan hikmah yang didapat ketika berkeliling komplek asrama karena melihat kehidupan yang rukun, damai, dengan saling bertoleransi antara para santri dengan anak panti asuhan hingga lansia.

Meskipun tidak terikat tali saudara namun tetap saling menyayangi dan mengasihi, hal ini menjadi ciri khas Pondok Pesantren SPMAA Lamongan.

“Sangat luar biasa, pendidikan karakter yang dibangun di Pondok Pesantren SPMAA Lamongan ini sangat berkesan, dan harus diperjuangkan agar tetap seperti ini. Semoga menjadi amal jariyah bagi para santri, dan juga pengurus,” ungkap Drs. H. Masduki Yasin, M.Pd.

Setelah berkeliling komplek, semua dipersilahkan untuk menikmati makanan yang telah dihidangkan sesuai prosedur operasi standar Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *