Sukamulia-Portalangit. Ide tertuang dalam bentuk suatu karya merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru tingkat PAUD maupun TK.

Hal ini terwujud dalam kelompok bermain PAUD Kanaq Muchtary 2, guna mendukung materi pembelajaran pengenalan macam sayuran disekitar.

Nasruli Wulandari sebagai guru PAUD Kanaq Muchtary 2 mengenalkan macam sayur dengan metode pembuatan buket sayur pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

 Bertempat di gedung PAUD Kanaq Muchtary 2, Ds. Balungadang Dasan Montong, Ds. Sukamulia, Kec. Sukamulia, Kab. Lombok Timur.

Pembuatan buket sayur ini para siswa dibagi menjadi dua kelompok diantaranya kelompok A dan kelompok B.

Sebelum membuat buket sayur, kelompok A diawali dengan mengelompokkan bunga (tanaman hias) sesuai warna dan jenisnya, menghitung jumlah bunga sesuai jenisnya, dan membuat tusukan buah tomat.

Kelompok B menanam bibit cabai, menimbang buah tomat dan menyebutkan angka hasil timbangan, dan membuat tusukan buah tomat.

Selanjutnya siswa berjumlah 9 orang ini bersama-sama merangkai buket sayur dengan didampingi oleh guru.

Buket sayur ini terdiri dari dua jenis sayuran diantaranya, daun selada dan buah tomat. Kemudian dirangkai dengan daun pisang, tusuk sate, lem double tip, dan dihias dengan pita.

“Tujuan kegiatan ini diantaranya, sebagai pengenalan macam sayur, melatih motorik kasar, mengasah kreativitas anak,” Ungkap Nasruli Wulandari.

Buket sayur yang berhasil dibuat oleh para siswa, kemudian di bawa pulang sebagai buah tangan untuk diberikan kepada orang tua.

“Semoga dapat menumbuhkan rasa terima kasih melalui sebuah pemberian, bahagia memberi seseorang dengan hasil kreasi sendiri,” Kata Nasruli Wulandari.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *