Grobogan-Portalangit. Wujud dari antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana, Forkopimda Grobogan gelar apel siaga dan simulasi penanganan bencana pada Jum’at, 21 Oktober 2022.

Apel bertempat di halaman Sekretaris Daerah Kab. Grobogan, Jl. Gatot Subroto No.6, Brambangan, Purwodadi, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan, Jawa Timur.

Apel dipimipin oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, dan diikuti oleh seluruh relawan kebencanaan se-Kabupaten Grobogan, satu diantaranya tim SANTANA SPMAA Grobogan.

Sri Sumarni dalam sambutannya mengatakan di bulan Oktober 2022 merupakan peringatan bulan penanggulangan bencana, risiko bencana, yaitu rangkaian upaya sistematis guna menganalisis dampak bencana terhadap kehidupan.

Apel siaga dengan tujuan menyatukan sinergi dalam menghadapi bencana disertai dukungan sarana dan prasarana.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tim siaga bencana kabupaten Grobogan, yaitu TNI Polri, BPBD, Satpol PP, pemadam kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dispermades, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, bagian Kesra, PLN, PMI, pelaku usaha, dan para relawan di wilayah Kabupaten Grobogan, serta para pihak lain yang tidak saya sebut satu persatu, yang telah siap siaga mencurahkan tenaga, waktu, dan pikiran dalam penanggulangan bencana Kabupaten Grobogan,” kata Sri Sumarni.

 Empat relawan SANTANA SPMAA Grobogan ikut serta dalam apel tersebut diantaranya, Warsito, Pujianto, Suwadi, dan Habib.

Akhir-akhir ini banyak terjadi bencana dibeberapa wilayah di Indonesia seperti bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan lainnya.

Hal ini perlunya meningkatkan skill dan kapasitas para relawan guna penanggulangan bencana tersebut. Dalam kegiatan ini relawan kebencanaan menggelar simulasi penanggulangan bencana banjir dan angin puting beliung.

Selanjutnya SANTANA SPMAA Grobogan mendapat amanah pemberi informasi kebencanaan di wilayah Kabupaten Grobogan Timur.

“Dalam kesempatan ini SANTANA SPMAA Grobogan mendapat amanah dan kepercayaan dari Bupati dan BPBD Kabupaten Grobogan memberikan informasi bencana khusunya di daerah Kabupaten Grobogan bagian Timur,” kata Warsito, relawan SANTANA.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *