Rembang-Portalangit. Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana tahun 2022, Kabupaten Rembang menjadi tuan rumah.

Dalam kegiatan Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana tahun 2022 tersebut, tim SANTANA SPMAA Jawa Tengah ikut berpartisipasi dalam kegiatan.

SANTANA SPMAA Jawa Tengah mengirim 2 personil untuk mengikuti kegiatan tersebut, diantaranya Pujianto dan Suwadi.

Kegiatan Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana tahun 2022 ini dilaksanakan pada Rabu, 05 Oktober 2022 hingga Jum’at, 07 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut berlokasi di kawasan destinasi wisata Karang Jahe Beach (KJB), Ds. Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Kegiatan Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana dibuka oleh Wakil Bupati Rembang H. Mochamad Hanies Cholil Barro.

Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Rembang, Sri Jarwati menyebutkan sampai dengan Senin, 04 Oktober 2022 sudah ada 1.093 relawan dari berbagai daerah yang terkonfirmasi akan hadir.

Rangkaian kegiatan lainnya mulai dari sarasehan, sampai penanaman mangrove.

“Jadwalnya ada sarasehan, penanaman pohon di bumi perkemahan Karangsari Park, ada juga penanaman mangrove dan pembuatan tanggul darurat di Pantai Caruban,” kata Sri Jarwati.

Setelah acara pembukaan, para relawan memulai kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang terbagi menjadi beberapa klaster diantaranya, klaster penyelamatan dan evakuasi, klaster logistik, klaster sarpras, klaster perlindungan dan konsumsi.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai motivasi dan bekal skill tambahan sebagai relawan,” ungkap Pujianto.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *