Lamongan-Portalangit. Yayasan Pondok Pesantren SPMAA Lamongan menggelar kegiatan Pelatihan Tenaga Penyayang Umat (TPU), bagi para santri yang telah lulus bersekolah di Madrasan Aliyah Ruhul Amin tahun ajaran 2021/2022.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan, melatih dan menanamkan pada diri para santri untuk semangat meneruskan perjuangan menjadi Tenaga Penyayang Umat (TPU), yang mengabdikan diri untuk agama, negara, dan bangsa.

Pelatihan TPU kali ini berbeda dengan pelatihan TPU tahun lalu. Pelatihan TPU tahun 2022 diselenggarakan tidak langsung didalam ruangan, namun dilaksanakan dengan metode mengirim para santri ke daerah cabang SPMAA.

“Muncul metode-metode baru, yang mana juga memunculkan gagasan baru. Banyak perbedaan dengan tahun kemarin, selalu ada inovasi baru. Untuk tahun ini banyak praktek langsung ke lokasi atau out door,” ungkap Melda, panitia pelatihan TPU.

Pengiriman santri ke daerah cabang SPMAA terdekat ini dilaksanakan pada Rabu, 31 Agustus 2022 hingga Minggu, 04 September 2022. Setiap santri mengunjungi 2 daerah cabang SPMAA terdekat.

Cabang SPMAA yang dikunjungi diantaranya, SPMAA Mojokerto, SPMAA Nganjuk, SPMAA Ngawi, SPMAA Sragen, SPMAA Lamongan, SPMAA Bojonegoro, SPMAA Ngimbang, SPMAA Pucangro, SPMAA Wajik, SPMAA Modo, SPMAA  Tuban, SPMAA Karang Banyu, SPMAA Pandean, SPMAA Jogorogo, SPMAA Banyutarung, SPMAA Madiun, SPMAA Magetan, SPMAA Surabaya.SPMAA Wonorejo, SPMAA Manukan, SPMAA Gunung Anyar, SPMAA Dlanggu, SPMAA Trowulan, SPMAA Malang Dampit, SPMAA Malang Sukun, dan SPMAA Malang Wonokoyo.

Setibanya di cabang SPMAA, para santri mendapat beberapa tugas yang harus dilaksanakan dan diselesaikan. Tugas tersebut diantaranya,

  1. Tugas Wawancara.
  2. Apa itu TPU?.
  3. Kenapa bertahan menjadi seorang TPU?.
  4. Bagaimana suka dan duka menjadi TPU?.
  5. Motivasi apa yang cocok untuk diberikan kepada santri sebagai calon peserta pelatihan TPU?.
  6. Skill apa yang harus dimiliki oleh seorang TPU?.
  7. Membuat peta analisis.
  8. Peta analisis dakwah.
  9. Peta analisis ekonomi.
  10. Peta analisis kekuatan dan kelemahan cabang internal dan eksternal.
  11. Peta analisis sosial analisis SWOT (Strong, Weakness, Opportunity, Threat).

Meskipun para santri berkunjung ke daerah cabang SPMAA, namun kewajiban seorang santri tetap terlaksana. Para santri tetap wajib menjalankan 8 rukun santri SPMAA tanpa terkecuali.

“Banyak pelajaran yang saya dapat selama saya berkunjung di cabang SPMAA, saya berkunjung ke SPMAA Ngimbang dan SPMAA Tuban. Ternyata tidak mudah untuk mencari umat, kita harus banyak mencari Strategi mulai dari mendekati masyarakat hingga berbuat baik kepada orang sekitar juga,” kata Salsa, peserta pelatihan TPU.

Kemudian kegiatan pelatihan TPU tersebut, dilanjut dengan pembekalan melalui materi yang dilaksanakan pada Senin, 05 September 2022 hingga Selasa, 13 September 2022.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *