Riau-Portalangit. Yayasan SPMAA Riau mengadakan perlombaan membuat coconut oil yang diikuti oleh para jama’ah SPMAA beserta siswa MII KAFFAH Riau.

Perlombaan tersebut dilakukan pada Senin, 11 April 2022. Berlokasi di yayasan SPMAA Riau, Jl. Tuan Guru Muchtar, Ds. Karya Tunas Jaya, Kec. Tempuling, Kab. Indragiri Hilir, Riau.

 Di sekitar pemukiman SPMAA Riau banyak buah kelapa Yang terbengkalai, dengan kegiatan ini menjadi motivasi untuk warga sekitar agar memanfaatkan kelapa tersebut guna coconut oil.

Selain itu kegiatan ini berawal dari minyak goreng yang langka dan harganya mahal, oleh sebab itu yayasan SPMAA Riau menemukan solusi dari permasalahan tersebut dengan cara membuat minyak kelapa guna pengganti minyak goreng.

Coconut oil selain higenis juga dimanfaatkan sebagai obat yang proses pengolahannya sangat sederhana dan menghemat biaya.

“Alhamdulillah untuk lomba ini menjadi fasilitator perdana, semoga kedepanya bisa lebih meriah, lebih berpengalaman lagi dengan metode metode yang lebih praktis, mudah dan ramah lingkungan”, kata Gutik peserta lomba pembuatan coconut oil.

Cara pembuatan coconut oil, diantaranya siapkan bahan (kelapa tua, baskom, alat pemarut, alat pemeras, wajan).

Selanjutnya cara pembuatannya sebagai berikut,

1. Kupas kelapa, Parut sampai halus, peras santannya sisakan yang kental saja, masak sampai berwarna kecoklatan dan terpisah antara ampas dan minyaknya, setelah matang sisihkan dan minyaknya diwadahi dibotol.

2. Dengna cara VCO (virgin coconut oil) kupas kelapa, parut hingga halus, peras, ambil santan yang kental, tunggu 2 jam hingga terpisah antara santan dan air, ambil santannya wadahi plastik, tunggu 24 jam, setelah terpisah antara minyak, air dan ampas, ambil minyaknya masukan dalam botol.

Kegiatan ini menjadi sarana edukasi bagi anak untuk mempraktekkan di masyarakat. “Saya senang karna bisa belajar di luar kelas, praktek langsung dengan teman teman. Bisa lebih kompak, dan akrab dengan murid dari kelas lain dan juga dengan para ibu ibu jama’ah,” ujar Niswa siswa MII KAFFAH yang mengikuti perlombaan tersebut.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *