CNN. Hujan deras dan angin kencang merusak 147 rumah warga di tiga kelurahan di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

“Total rumah yang rusak berdasarkan pendataan sebanyak 147 unit dari sebelumnya 48 unit,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, Irwansyah Syahri kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/3).

Dia mengatakan tiga kelurahan tersebut antara lain Kelurahan Kampung Lama, Kelurahan Bukit Kubu, dan Kelurahan Pekan Besitang.

“Ke 147 unit itu antara lain rusak berat sebanyak 29 rumah, rusak sedang sebanyak 49 rumah dan rusak ringan sebanyak 76 rumah,” paparnya.

Selain rumah warga, tambahnya, fasilitas lainnya juga mengalami kerusakan antara lain 1 musala, 2 masjid dan 1 madrasah, 1 SDN dan 1 SMAN Besitang.

“Namun di Kelurahan Pekan Besitang jumlah rumah yang rusak lebih banyak yakni sebanyak 122 rumah,” ungkapnya.

Hujan deras dan angin kencang melanda pemukiman warga pada Minggu 20 Maret 2022. Akibatnya, banyak atap rumah warga lepas. Bahkan pohon tumbang menimpa rumah warga hingga memutuskan jaringan listrik.

“Saat ini listrik sudah menyala kembali. Masyarakat beraktivitas memperbaiki dan membersihkan rumah masing masing,” terangnya.

Saat ini, BPBD telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan. Selain itu, petugas juga telah mendirikan posko siaga bencana di Kantor BPBD.

“Kita terus memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari website BMKG dan menyampaikan kepada pihak kecamatan atau pihak kelurahan,” bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *