Portal Langit – Sebuah pengadilan di India, Selasa (15/3), menegakkan larangan mengenakan hijab di kelas di negara bagian Karnataka.

Dalam keputusan yang kemungkinan akan semakin memperdalam ketegangan agama di negara itu, pengadilan tersebut mengatakan bahwa jilbab bukan praktik agama yang penting dalam Islam.

Pengadilan tinggi negara bagian Karnataka menyampaikan putusan itu setelah mempertimbangkan petisi yang diajukan oleh para mahasiswa Muslim yang menentang larangan pemerintah terhadap hijab yang telah diterapkan beberapa sekolah dan perguruan tinggi dalam dua bulan terakhir.

Larangan itu tidak meluas ke negara bagian-negara bagian India lainnya, tetapi putusan pengadilan itu dapat menjadi preseden bagi seluruh negara itu.

erselisihan dimulai pada Januari ketika sebuah sekolah yang dikelola pemerintah di distrik Udupi, Karnataka, melarang siswa yang mengenakan hijab memasuki ruang kelas. Larangan itu memicu protes para pelajar Muslim yang mengatakan mereka kehilangan hak-hak dasar mereka untuk pendidikan dan agama. Aksi protes itu ditanggapi aksi protes balasan para siswa Hindu yang mengenakan selendang safron, warna yang terkait erat dengan agama itu dan disukai oleh kelompok-kelompok nasionalis Hindu.

Lebih banyak sekolah di negara bagian itu kemudian mempraktikkan larangan serupa. Pengadilan tinggi negara bagian itu akhirnya melarang para siswa mengenakan hijab dan pakaian keagamaan apa pun sementara menunggu putusan pengadilan.

Pengadilan dalam putusannya mengatakan pemerintah negara bagian memiliki kewenangan untuk menentukan pedoman seragam bagi siswa sebagai ‚Äúpembatasan yang wajar atas hak-hak dasar”.

Keputusan itu dikeluarkan pada saat kekerasan dan ujaran kebencian terhadap Muslim meningkat di bawah pemerintahan partai nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi. Partai itu juga memerintah negara bagian Karnataka.

Selama beberapa pekan terakhir, masalah ini telah menjadi isu penting orang-orang Muslim di India dalam memperjuangkan hak-hak mereka. Mereka takut disingkirkan sebagai minoritas di India dan memandang larangan hijab sebagai eskalasi nasionalisme Hindu yang mengkhawatirkan di bawah pemerintahan Modi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *