Portal Langit – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Palu – 523 sebagai kekuatan baru TNI Angkatan Laut. Peresmian KRI Teluk Palu-523 dilakukan di Galangan kapal PT. Daya Radar Utama (DRU) Lampung.

Kapal perang jenis Angkut Tank (AT) itu rencananya akan bergabung dengan kapal perang yang beroperasi dibawah Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pembangunan kekuatan dengan langkah modernisasi Alutsista dan teknologinya menjadi salah satu program prioritas TNI AL. 

Selain kemandirian industri pertahanan, lanjutnya, modernisasi Alutsista sebagai upaya menghindari ketergantungan terhadap negara lain yang merupakan tuntutan, perhatian, cita-cita dan kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan Alutsista dalam rangka menjaga pertahanan, keamanan serta eksistensi negara dalam menghadapi dinamika geo politik yang sangat dinamis.  

Lebih jauh lagi Laksamana Yudo memaparkan, teknologi alutsista memang bukan hal yang mudah untuk dikuasai. Sebab, teknologi Alutsista sebagai bagian dari teknologi militer selalu menjadi penjuru terdepan dari kemajuan teknologi di dunia sehingga diperlukan komitmen, tekad dan usaha yang tidak pernah berhenti dari semua pihak, termasuk pelaku industri yang harus terus meningkatkan kemampuan agar memenuhi tuntutan kebutuhan.

“Saya yakin kehadiran KRI Teluk Palu-523 dalam jajaran Alutsista TNI AL akan meningkatkan daya gempur, kepercayaan diri, dan performa dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI AL ke depan,” kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam keterangan resminya, Rabu, 9 Maret 2022.

`

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *