Detikcom. Felicity Ace masih berkobar dilalap api hingga Minggu (20/2) kemarin waktu setempat. Kapal kargo pengangkut ribuan mobil mewah itu terbakar sejak Rabu pekan lalu dan hingga kini masih belum bisa dipadamkan.

Kapal Felicity Ace terbakar pada Rabu (16/2) pekan lalu. Di hari yang sama, seluruh awak kapal yang mengangkut sekitar 4.000 mobil milik grup VW itu langsung dievakuasi dan proses pemadaman dilakukan.

Namun hingga empat hari sejak kobaran api pertama ditemukan, upaya pemadaman belum berhasil sepenuhnya. Demikian dikutip dari gcaptain.

“Upaya memadamkan api di kapal berjalan sangat lambat. Itu butuh waktu yang tidak singkat,” ucap Joao Mendes Cabecas, salah seorang kapten kapal di dekat pelabuhan Pulau Azorean.

Salah satu hal yang membuat pemadaman menjadi sulit adalah karena adanya baterai mobil Lithium-ion dalam kargo kapal tersebut. Namun hingga kini belum ada konfirmasi apakah baterai tersebut juga yang menjadi penyebab awal kebakaran ini.

Pemadaman api juga tidak bisa menggunakan air. Menyiram air dalam jumlah besar ke atas kapal bisa menyebabkan kapal kehilangan keseimbangan dan bisa membuatnya karam.

Dilansir dari Carscoops, kapal kargo yang mengangkut mobil baru tersebut bernama Felicity Ace. Kapal jenis roll on/roll off (Roro) milik perusahaan Mitsui OSK Line (MOL) tengah berlayar dari Emden, Jerman, menuju Davisville, Rhode Island, Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *