BBC – Pemerintah Indonesia merencanakan membeli batu bara sesuai harga pasar untuk kebutuhan pembangkit tenaga listrik dalam negeri setelah keran ekspor dibuka lagi secara bertahap mulai Rabu (12/01).

Namun rencana itu dikhawatirkan dapat meningkatkan harga tarif dasar listrik yang dapat membebani masyarakat.

Pemerintah Indonesia kembali membuka keran ekspor batu bara secara bertahap. Pencabutan larangan ekspor akibat minimnya pasokan batu bara dalam negeri itu terjadi setelah pengusaha dan beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Filipina protes karena larangan diberlakukan secara tiba-tiba, sebab mereka mengandalkan pasokan batu bara dari Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik dalam negeri, melalui PLN, pemerintah Indonesia berencana membeli batu bara sesuai harga pasar (per 10 Januari harganya US$170 per metrik ton) dan tidak lagi membeli berdasarkan harga patokan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO) senilai USD$70.

Sejumlah pihak khawatir langkah itu akan mempengaruhi harga tarif dasar listrik yang pada akhirnya akan membebani masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, nantinya, selisih harga DMO dan harga pasar akan dibebankan pada perusahaan tambang melalui skema Badan Layanan Umum atau BLU. Namun, pelaku industri khawatir hal itu justru akan memberatkan mereka.

Menyelamatkan pasokan batu bara untuk listrik di dalam negeri

Sinyal kekurangan pasokan batu bara sebenarnya sudah muncul sejak Juli 2021. Pemerintah mengaku sudah beberapa kali mengingatkan pengusaha untuk memenuhi kewajibannya memenuhi pasokan batu bara ke PLN sebanyak 25% dari total rencana produksi dalam setahun.

Hal itu kemudian dikatakan sebagai penyebab PLN mengalami kekurangan pasokan batu bara pada akhir 2021 sehingga menyebabkan pemerintah harus mengambil keputusan untuk melarang ekspor batu bara mulai tanggal 1-31 Januari 2022.

Namun baru 10 hari larangan itu berjalan, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mencabut larangan ekspor. Pemerintah berdalih alokasi pasokan batu bara dan ketersediaan transportasi untuk distribusinya sudah bisa dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *