CNN. NASA sukses membuka tudung penutup teleskop James Webb yang telah mengorbit di luar angkasa.

Ini merupakan akhir dari proses panjang. Teleskop James Webb memiliki lima lapis tudung pelindung matahari. Untuk membuka satu lapis dibutuhkan waktu dua hari.

Tudung pelindung berbentuk layang-layang tersebut memiliki 21 meter. Fungsi tudung tersebut adalah melindungi James Webb dari paparan sinar matahari.

“Kelima lapisan pelindung matahari sepenuhnya dikencangkan,” kata seorang penyiar di pusat kendali observatorium di Baltimore.

Kelima sisi tudung tersebut akan bekerjasama menghasilkan perlindungan dari sinar matahari dengan kekuatan sekitar satu juta SPF.

Karena ukuran yang besar, saat teleskop James Webb diluncurkan 25 Desember 2021 lalu, tudung masih dalam posisi dilipat.

Membentangkan tudung pelindung James Webb disebut sebagai tugas yang kompleks dan menantang, salah satu paling menakutkan yang pernah dilakukan NASA.

“Ini adalah pertama kalinya ada orang yang mencoba menempatkan teleskop sebesar ini ke luar angkasa,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk direktorat misi sains NASA.

“Keberhasilan memasang (tudung pelindung) yang paling menantang, bukti luar biasa atas kecerdikan manusia dan keterampilan rekayasa yang akan membuat Webb mencapai tujuan sainsnya.” lanjutnya.

Teleskop James Webb sebelumnya resmi diluncurkan pada 25 Desember 2021.

Fungsi Teleskop James Webb

Webb berfungsi sebagai pemantau atmosfer eksoplanet atau planet ekstrasurya, beberapa di antaranya yang berpotensi layak huni, dan dapat mengungkap petunjuk dalam pencarian kehidupan di luar Bumi yang sedang berlangsung.

Teleskop tersebut dilengkapi dengan cermin yang dapat memanjang 6,5 meter yang memungkinkan cermin mengumpulkan lebih banyak cahaya dari objek yang diamatinya, begitu teleskop berada di luar angkasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *