Portal Langit – Aktivitas vulkanik Gunung Merapi hingga hari ini, Selasa (7/12/2021) masih cukup tinggi. Dikutip dari laman magma.vsi.esdm.go.id berada di level III atau siaga.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjelaskan, pada periode pengamatan Selasa (7/12/2021) pukul 06:00-12:00 WIB, teramati guguran lava sebanyak 4 kali dengan jarak luncur maksimum 1.000 meter ke arah barat daya.

Saat ini Gunung Merapi berstatus Level III atau Siaga dengan potensi berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga di sekitar Gunung Merapi untuk bersiaga pascaerupsi Gunung Semeru. Apalagi aktivitas Gunung Merapi diketahui juga mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir.

“Merapi terus kami pantau dan saya minta semua siaga. Sabtu lalu saya sudah mendapat laporan dari BPPTKG, bahwa erupsi yang terjadi sejak 4 Januari lalu sampai sekarang masih berlangsung,” kata Ganjar, Senin (6/12) dalam kutipan wawancara CNN.

Ganjar menjelaskan bahwa berdasarkan pantauan, pertumbuhan kubah lava di Gunung Merapi masih terjadi. Bahkan guguran awan panas juga masih berlangsung karena sampai saat ini akumulasi tekanan magma dari dalam masih berlangsung.

Ganjar berharap sistem peringatan dini dapat bekerja maksimal. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, peluit langsung ditiup dan informasi diberikan agar semua warga di sekitar Gunung Merapi segera mengungsi.

“Jangan ambil risiko, kita belajar betul dengan kondisi dan karakter Merapi yang mirip dengan Semeru,” ujarnya.

( IL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *